PENERAPAN TEKNIK SKRAMBEL PARAGRAF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SEMESTER I KELAS VI SDN NEGERI 1 TAMANSARI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Wayan Ada

Abstract


Keterampilan membaca pemahaman pada siswa semester I kelas VI SD Negeri  1 Tamansari  tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Dikatakan demikian tersebut karena penggunaan metode pembelajaran yang monoton tidak banyak mendorong pencapaian keterampilam membaca sehingga siswa kurang antusias dan tidak tertarik dalam kegiatan arena masih ada siswa yang belum mencapai nilai dengan  KKM yaitu 60. Hal pembelajaran, khususnya pembelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara konkret penerepan teknik skrambel untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa semester I kelas VI di SD Negeri  1 Tamansari. Tujuan lain dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai perubahan prilaku siswa selama mengikuti proses belajar mengajar dengan teknik skrambel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 1 Tamansari yang berjumlah 35 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan evaluasi belajar. Indikator keberhasilan  dalam penelitian ini jika ≥ 75 % siswa memperoleh nilai  ≥ 60. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pada siklus I diperoleh rerata hasil belajar sebesar 7,14 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 68,57 %. Pada`siklus II, rerata hasil belajar meningkat menjadi 8,14 dengan ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 94,27 %. Jadi dengan penerapan teknik skrambel, maka dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa semester I kelas VI SD Negeri  1 Tamansari  tahun pelajaran 2019/2020

Keywords


Teknik Skrambel & Keterampilan Membaca

Full Text:

PDF

References


Darisman, Muh. Dkk. 2004. Ayo Belajar Berbahasa Indonesia. Jakarta : Yudhistira.

Depdiknas. 2000. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika. Jakarta: Depdiknas.

http://blogger pendidikan .blogspot.com/2010/05/teknik-skrambel_8626.html. 2010/10/03. 15:21:43

http://daudp65.byethost4.com/baca2/teaching-reading.htm. 2010/10/03. 15:45:06

http://wyw1d.wordpress.com/2009/11/01/pembelajaran-membaca/. 2010/10/17. 18:05:19

Mashudi, dkk. 2004. Pandai Berbahasa Indonesia. Jakarta: Cipta Prima Budaya.

Nurhadi dan Rukhan. 1990. Dimensi-dimensi dalam Belajar Bahasa kedua. Bandung: Sinar Ilmu

Nurkancana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya. Usaha Nasional.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca Di sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Rusyanti. 2004. Cermat Berbahasa Indonesia. Surakarta. Mediatama

Tarigan, H.G. 2008. Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i7.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats