EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS SETIAP AKHIR PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU DI SMP NEGERI 2 LINGSAR TAHUN AJARAN 2018-2019

Gusti Nyoman Oka

Abstract


Dalam proses pembelajaran  Agama Hindu di SMP Negeri 2 Lingsar, sudah mengarah pada  pemberian  tugas, tetapi penerapannya kurang maksimal, konsep mengajar guru dapat dikatakan masih tampak tradisional dimana segala aktivitas belajar lebih banyak berpusat pada guru. Sistem pembelajaran ini guru seakan-akan  membuat jarak yang tajam dengan siswanya,  akibatnya siswa cenderung pasif dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah sebagai berikut : “Bagaimana Untuk mengetahui  efektivitas  pemberian tugas setiap akhir pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Agama Hindu di SMP Negeri 2 Lingsar Tahun Pelajaran 2018-2019”. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui  efektivitas  pemberian tugas setiap akhir pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Agama Hindu di SMP Negeri 2 Lingsar Tahun Pelajaran 2018-2019”.  Pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Adapun disain penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa, dengan pemberian tugas pada akhir pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar agama Hindu siswa   kelas VII  di SMP Negeri 2 Lingsar tahun pelajaran  2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan tindakan di bawah ini: Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus. Jumlah skor aktivitas guru mengalami peningkatan, pada siklus I skor yang diperoleh sebesar 66,25, pada siklus II meningkat menjadi 73,75. Nilai observasi aktivitas siswa pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pemberian tugas setiap akhir pembelajaran   mengalami peningkatan pula, pada siklus I nilai yang diperoleh sebesar 70, pada siklus II 75. Dari hasil perolehan nilai hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan sebesar 66,67%, pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ketuntasan sebesar  96,70%.  Maka penelitian dinyatakan berhasil dan tuntas

Keywords


Pemberian Tugas & Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 1992. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktok-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i7.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats