POLA KOMUNIKASI DAN CITRA THIBBUN NABAWI SEBAGAI PENGOBATAN TRADISIONAL

Evi Novianti, Susanne Didda, Elnovani Lusiana

Abstract


Fenomena terbaru saat ini adalah pengobatan tradisional berbasiskan agama. Seorang dokter dalam pengobatan tradisional merupakan seorang tokoh agama yang dipercaya memiliki kekuatan tertentu untuk memberikan pengobatan Thibbun Nabawi kepada pasiennya. Tidak sedikit yang berhasil, namun tidak sedikit pula yang mengalami persoalan dalam proses pengobatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil Pondok Pesantren Babussalam dan mengetahui motif pelaku pengobatan tradisional herbal dan agama serta pola komunikasi yang terbangun antara dokter dan pasien. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode kuantitatif dengan statistik deskriptif. Pemilihan studi kasus difokuskan pada Pesantren Babbusalam di Kabupaten Bandung. Dengan menggunakan metode kuantitatif peneliti mendapatkan hasil yang holistik mengenai fenomena yang sedang terjadi saat ini dan pendekatan studi kasus dipilih dikarenakan banyaknya peristiwa dalam pengobatan tradisional herbal dan agama. Data primer didapatkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner terhadap pasien yang berobat, sementara data sekunder didapatkan melalui beberapa kajian terdahulu. Unit analisis dalam penelitian ini meliputi empat indikator utama yang dijadikan sebagai pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner selain pertanyaan terkait profil responden, meliputi motif pengobatan islami, pengalaman berobat islami, makna berobat islami, dan pola komunikasi. Metode analisis menggunakan deskriptif berdasarkan data yang diperoleh melalui wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengobatan alternatif Thibbun Nabawi merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Babussalam di Desa Ciburial, Cimenyan, Kabupaten Bandung. Citra Klinik Thibbun Nabawi dibangun oleh beberapa faktor, mencakup biaya yang murah, kesesuaian keyakinan, sumber informasi, dan rekomendasi pasien. Rekomendasi yang diberikan oleh pasien kepada para rekan, teman, dan keluarga berkontribusi bagi kelangsungan bisnis Klinik Thibbun Nabawi.


Keywords


Pengobatan Islam, Pola Komunikasi & Thibbun Nabawi

Full Text:

PDF

References


Handayani, R. Kebanggaan masyarakat Sebatik terhadap bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing: Deskripsi sikap bahasa di wilayah perbatasan. Ranah J. Kaji. Bhs. 2016, 5, 125–138.

Widayati, A. Health seeking behavior di kalangan masyarakat urban di kota yogyakarta. J. Pharm. Sci. Community 2016, 9, 59–65.

Alia, M.N. Belian Sasak di Tengah Pengobatan Moder. SOSIETAS 2011, 1.

Wijayaputri, A.; Tjahjadi, E. Galeri Obat Tradisional dan SPA. J. Sains Teknol. Urban Peranc. Arsit. Stupa 2019, 1, 48–59.

Agusmarni, S. Gambaran Health Belief Model pada Individu Penderita Diabetes yang Menggunakan Pengobatan Medis dan Alternatif. 2012.

Ali, S. PENGOBATAN ALTERNATIF DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. AL-‘ADALAH 2015, 11, 867–890.

Gray, J.D. Rasulullah Is My Doctor; Sinergi: Kelompok Gema Insani, 2010;

Mulyana, D. Komunikasi Kesehatan: Pemikiran dan Penelitian; Remaja Rosdakarya: Bandung, 2018;

Usman, T.; Mulyana, D.; Hadisiswi, P.; Perbawasri, S. Religiosity in Therapeutic Communication of Islamic Medicine Thibbun Nabawi. In Proceedings of the Proceedings of the International Conference on Business, Economic, Social Science and Humanities (ICOBEST 2018); Atlantis Press: Bandung, Indonesia, 2018.

Fatahilah, M. KLINIK PENGOBATAN THIBBUN NABAWI DI KOTA PONTIANAK. J. Online Mhs. Arsit. Univ. Tanjungpura 2016, 4, 108–118.

Kurniasih, B. SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT DALAM PADA MANUSIA DENGAN TERAPI ATH THIBBUN NABAWI BERBASIS WEB. J. Telematika 2009, 2, 1–17.

Berlo, D.K. Right to know ...need to learn: warning---consumption of uncontrolled information is injurious to your health. ACM SIGUCCS Newsl. 1977, 7, 7–12.

Codier, E.; Codier, D. A model for the role of emotional intelligence in patient safety. Asia-Pac. J. Oncol. Nurs. 2015, 2, 112.

Lee, J.H.; Kim, H.; Phaal, R. An analysis of factors improving technology roadmap credibility: A communications theory assessment of roadmapping processes. Technol. Forecast. Soc. Change 2012, 79, 263–280.

Saud, S.; Jufri, A.; Rahman, M.A.; Salam, S. Learning Devices Development on Descriptive Writing for Foreign Language Based on Berlo’s SMCR Communication Model of Secondary School Student. J. Lang. Teach. Res. 2014, 5, 1033–1041.

Effendy, U.O. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik; PT. Remaja Rosdakarya: Bandung, 2003;

Suyanto, B.; Sutinah Metode penelitian sosial; PT Kencana Persada: Jakarta, 2006;

Bungin, B. Analisis Data Kualitatif. Penerbit; PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2003;

Herlina, S. STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMBENTUK CITRA PEMERINTAHAN DI KOTA MALANG. JISIP J. Ilmu Sos. Dan Ilmu Polit. 2015, 4, 493–500.

Rahayu, B.S.; Saryanti, E. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HUBUNGAN PELANGGAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN NASABAH. ADVANCE 2014, 1, 22–35.

Kotler, P.; Armstrong, G. Principles of marketing; 2018; ISBN 978-0-13-451828-2.

Poloma, M.M. Sosiologi Kontemporer; PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2007;

Sobur, A. Semiotika Komunikasi; PT. Remaja Rosdakarya: Bandung, 2007;

Soeprapto, R. Interaksionisme Simbolik Perspektif Sosiologi Modern; Averroes Press dan Pustaka Pelajar: Yogyakarta, 2002;




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i7.466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats