PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PT. HONDA AUTOBEST BANDUNG

Dadang Suhairi

Abstract


This study aims to determine the effect of price, product quality and service quality on consumer satisfaction at PT Honda Autobest Bandung. This study uses a quantitative approach. Data collection was carried out by using questionnaires to 100 respondents, namely consumers using simple random sampling techniques. The results obtained that, both simultaneously and partially price, product quality and service quality significantly influence consumer satisfaction at PT. Honda Autobest Bandung. Price, product quality and service quality contributed 84.2% to customer satisfaction, while the remaining 15.8% was influenced by other variables not examined.


Keywords


Marketing, Price, Product Quality, Service Quality & Consumer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Adi, A. F. R., & Yoestini, Y. (2012). analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada Waroeng Spesial Sambal cabang Lampersari Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amir. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Bailia, J. F., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Durianto, D. (2013). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Feigenbaum, A. V. (2014). Total Quality Control. New York: McGrow-Hill Book Company.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: UNDIP.

Gilbert, D. (2014). Retail Marketing Management. New Jersey: PrenticeHall.

Gujarati, D. (2003). Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Haryanto, R. A. (2013). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Restoran McDonald’s Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Irawan, H. (2010). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Paradigma Baru Merebut Hati Pelanggan Untuk Memenangkan Persaingan. Jakarta: Gramedia.

Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Marketing Management. USA: Pearson.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Manus, F. W., & Lumanauw, B. (2015). Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Layanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Tri Di Kelurahan Wawalintouan Tondano Barat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2).

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nasution, N. (2012). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pohan, I. S. (2012). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit EGC.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-22.

Shartykarini, S., & Firdaus, M. R. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pengunjung Cafe di Banjarbaru). JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 4(1), 39-52.

Pradevi, T. (2014). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Baskin Robbins Ice Cream City of Tomorrow Surabaya. Jurnal Bisnis Indonesia, 5(2), 165.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2013). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Unika Atma Jaya




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats