PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIWA

I Wayan Astraguna, Gede Eka Puja Dyatmika, Desak Putu Saridewi

Abstract


Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Hindu di SD Dwijendra Mataram belum dapat dikatakan maksimal, hal ini disebabkan oleh berbagai macam hal seperti kurangnya antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, penerapan metode serta model pembelajaran yang kurang tepat oleh guru menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V di SD Dwijendra Mataram tahun ajaran 2014/2015, 2) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Dwijendra Mataram tahun ajaran 2014/2015. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa kelas V di SD Dwijendra Mataram pada pendidikan agama Hindu Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang menjelaskan tentang model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan data kuantitatif adalah data-data yang berhubungan dengan hasil belajar siswa yang dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas belajar siswa dimana pada siklus I diperoleh 75%  aktivitas belajar siswa dan meningkat sebesar 11,67% pada siklus II menjadi 86.67%. dengan perolehan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V di SD Dwijendra Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. 2) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dibantu dengan penggunaan LKS, tes, dan soal-soal kuis dapat meningkatkan hasil belajar agama Hindu siswa kelas V di SD Dwijendra Mataram Tahun Ajaran 2014/2015

Keywords


Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas Belajar & Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Akib, Sainal. 2013. Model-Model,Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung :Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta : Rineka Cipta.

Baharudin & Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Bahri, Syaiful Djamarah. 2008 Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Ekawarna, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Prasada.

Goenawan, Adi. 2013. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris Beserta Cara Membacanya. Surabaya : CV. Cahaya Agency.

Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Refrensi.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Propesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Prasada.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Ramaja Rosdakarya.

Marhiyanto, Bambang. 2013. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta : Viktory Inti Cipta.

N.K, Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Peraturan Pemerintah No 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Rosdiani, Dini. 2012. Model Pemelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. ,Bandung : Alfabeta.

Shaffat,Indri. 2009. Optimesed Learning Strategy. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Solihatin, Etin. 2012. Cooperative Learning, Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.

Suardi, Moh. 2012. Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta : Indeks.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : SinarBaru Algen Sindo.

Sukardi, H.M. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Suwandi, Sarwiji. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : Yuma Pustaka.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

UU No 20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wiryawan, Dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar Dirjen Bimas Hindu dan Budha Universitas Terbuka. Jakarta.

Wisnu Ardana, Putra. 2006. Widya Upadesa, Buku Pelajaran Agama Hindu Kelas 5. Denpasar : Widya Dharma.

Zain,Aswan dan Bahri Djamrah,Saiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

(Http://syariftugas.blogspot.com/2011/10/adapunkelebihandankekurangan-dari.Html/diposting/senin10maret2014)




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i8.482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats