PENGARUH PERSEPSI NILAI DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ALFAMART DI KOTA MATARAM

Fitria Ika Agustina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari Persepsi Nilai terhadap terhadap Loyalitas Konsumen Alfamart di Kota Mataram. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Alfamart di Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kausal. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan ketentuan (1) Para pengunjung/konsumenyang sudah melakukan pembelian lebih dari 3 kali, (2) Berusia 21 tahun ke atas, (3) Secara kuantitas, sampel yang akan diteliti ditentukan sebanyak 100 responden. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi Nilai memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap terhadap Loyalitas Konsumen Alfamart di Kota Mataram. (2) Kepuasan Konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen Alfamart di Kota Mataram

Keywords


Persepsi Nilai, Kepuasan Konsumen & Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity Capitalizing on the Value of the Brand Name. New York: The Free Pass.

Aaker. 2004. Marketing Research 8th Edition. John Wiley.

Agung, Budiman Aden dan Maximon Usman (2004), Pengaruh kepuasan, pengetahuan tentang produk dan sikap konsumen terhadap loyalitas tiga merek pemimpin pasar untuk produk toiletries di kalangan mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya, Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra.

Alma. Buchari, 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Beik, Irfan Syauqi. 2007. Bank Syariah dan Pengembangan Sektor Riil. Jakarta: pesantrenvirtual.com.

Griffin Jill (2005). Customer loyalty, How to earn it now to keep it. Singapore:lexington books

Iswara. 2008. Studi pendahuluan (Pilot Study). http://jurnal-sastra.blogspot.com/2008/05/penelitian-studi-pendahuluan-pilot.html

Malhotra. 2006. Basic Marketing Research. Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo, alih bahasa oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E.

Pemerintah Republik Indonesia, (2003), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1992 yang tentang Perbankan

Peter J., P., and Jerry C. Olson.2005. Consumer Behaviour, Perialaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 4 Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Rafi, Muhammad Ikhsan (2011), Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indra Cellular Kudus, Artikel Penelitian Dipublikasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang Universitas Diponegoro.

Rahman, D. N., 2013, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pemancingan Ngembel Asri Gunung Pati Semarang. Jurnal Online, Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Sarwono, J., 2007, Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS, Yogyakarta : Andi Offset.

Silalahi, Ulber. (2010). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Refika Aditama.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Edisi keduabelas. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, F., 2000, Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, 2008. Manajemen Jasa, Edisi keenam, Yogyakarta: Andi

Waluyo, Purwanto dan Agus Pamungkas, 2003. Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen dalam Pembelian Produk Handphone di Semarang. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Penerbit www.google.co.id

Yustika, Adhikarini Desbrina (2010) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Telkom Flexi Studi pada Pelanggan PT. Telkom Kancatel Pasuruan Skripsi Diajukan kepada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang,. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i9.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats