PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI STATEGI PICTURE AND PICTURE KELASVIII B SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SMPN 8 MATARAM

Nunik Heryani

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui peningkatan  motivasi  dan hasil  belajar peserta didik setelah menerapkan strategi  Picture and Picture  pada Mata Pelajaran IPA pada kelasVIII B semester genap Tahun pelajaran  2016/2017di SMPN 8 Mataram. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Mataram, yang berjumlah 36 orang. Sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  motivasi dan hasil  belajar  IPA peserta didik  kelas VIII B SMP Negeri 8 Mataram Semester genap   tahun  pelajaran  2016/2017, melalui stategi Picture and Picture  dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah motivasi belajar pada siklus I (2.86) dengan capaian klasikal 58.33, meningkat menjadi rata-rata (3.01),  dengan ketuntasan klasikal 83.33 % pada siklus II begitu pula halnya dengan nilai hasil belajar pada siklus I (77.5) dengan capaian klasikal 69 %  dan mengalami peningkatan yakni rata-rata 83.4 dengan capaian klasikal 97 %. Memperhatikan hasil diatas  tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di SMPN 8 mataram sebesar 75.  Meningkatnya kegiatan peserta didik  dalam pembelajaran IPA  didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan pembelajaran melalui stategi Picture and Picture  hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada siklus I diperoleh skor 3,53, menjadi 4,33 pada siklus II atau berada pada kategori sangat baik.

Keywords


Motivasi , Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA dan Picture and Picture.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, s. 2009, Penelitan Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara

Dimyati & Mudjiono, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Harun Rasyid dan mansyur, 2008, Perencanaan Pembelajaran, Bandung:CV Wacana Prima

Moh. Numan Sumantri, 1976 Metode pengajaran CIvIcs, Erlangga, Jakarta

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman, 2007, Indikator dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Perkasa

Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar

Suprijono ,2010 ( dalam https://id.rumah belajar/file / model pembelajaran Picture and picture)

http//file rumah belajar Pengertian IPS).

https:// id.rumah belajar/file / model pembelajaran picture and picture

-----------------, 2005 Materi Pelatihan Intgegrasi IPA DEPDIKNAS Direktoran pendidikan Dasar dan menengah Dikrektorat pendidikan lanjutan Pertama .




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i8.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats