MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MADRASAH (MBS) DI MAN 1 MATARAM

Hully Hully, Lale Puspita Kembang

Abstract


Manajemen pendidikan berbasis madrasah merupakan salah suatu model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada madrasah dan mendorong pengambilan keputusan partisipasif yang melibatkan secara langsung warga madrasah (kepala madrasah, guru, siswa, karyawan, orang tua, dan masyarakat) untuk meningkatkan mutu madrasah berdasarkan kebijakan pemerintah. Manajemen pendidikan berbasis madrasah juga merupakan suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara Islami dengan cara memanfaatkanberbagai sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien dengan tetap mengacu pada fungsi menejemen yaitu planning, organizing, actuatin dan controling sehingga mutu  pendidikan madrasah dapat dicapai baik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui manajemen pendidikan berbasis madrasah hambatan yang dihadapi dan solusi yang dilakukan dalam manajemen pendidikan berbasis madrasah di MAN 1 Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data hasil penelitian dideskripsikan atau dijabarkan dalam bentuk uraian sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Sumber data dalam peneltian ini ada dua yaitu data primer yang diperoleh secara langsung dari informan baik dari hasil observasi, dokumentasi  maupun hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala madrasah, guru, siswa dan karyawan serta komite sekolah dan data sekunder diperoleh dari buku-buku yang relevan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara logis dan sistematis dengan tiga tahap yaitu: a) reduksi data, b) display data dan c) conclusions atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa manajemen berbasis madrasah di MAN 1 Mataram cukup baik. Hal ini tampak dari terlaksananya fungsi manajemen dan komponen-komponen manajemen berbasis madarasah seperti melakukan perencanaan yang matang, merumuskan program prioritas, merumuskan tujuan yang ingin dicapai dan menyesuaikan program dengan kebutuhan madrasah, melakukan organizing, menggerakkan (actuating) dan melakukan controling dan evaluasi kegiatan madarasah. Manajemen pendidikan berbasis madrasah juga dilakukan dengan cara melakukan manjemen kurikulum, manajemen proses belajar mengajar, manajemen tenaga pendidik, manajemen sarana dan prasarana, manajemen media pembelajaran, melakukan hubungan kerjasama dengan masyarakat. Kendala yang dihadapi dalam manajemen berbasis madrasah yaitu kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di madrasah, kenakalan siswa dalam proses pembelajaran di madrasah, ketidakdisiplinan siswa dalam pembelajaran di sekolah, kurangnya perhatian orang tua siswa terhadap belajar anak. Solusi yang dilakukan yaitu dengan cara meningkatkan motivasi belajar pada siswa, menanamkan kebiasaan yang baik pada diri siswa, meningkatkan kedisiplinan dengan cara membuat kode etik madrasah, meningkatkan hubungan kerjasama antara madrasah dan orang tua siswa seperti membimbing dan mengarahkan serta membiasakan anak didik di rumah belajar disiplin waktu, memberikan pendampingan dan kontrolan terhadap belajar anak dalam belajar

Keywords


Manajemen, Pendidikan & Berbasis Madrasah

Full Text:

PDF

References


Agus Dharma, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Pendidikan Network, 2003

BPPN dan Bank Dunia, School Based Manajemen, PT. Jakarta: 1999

Depag RI, al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta: Pustaka Agung Harapan, 2002

Depag, RI, al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung: Mikroj Hazanah Ilmu, 2011

Depdiknas, Manajemen Berbasis Sekolah-Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Jakarta, 2009

Didin Hafidudin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah Dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani, 2003

Direktorat Pendidikan Luar Biasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa, 2008

Exsa, Perbandingan Manajemen Berbasis Sekolah Dengan Manajemen Berbasis Madrasah, 2009

George R. Terry. Prinsip-prinsip Dalam Manajemen, PT. Bumi Aksara: Jakarta, 2006

George, R. Terry, Prinsip-prinsip Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Imam Al-Maragi, Tafsir al-Maragi-jilid 29, Semarang: Karya Thoha Putra, 1993

John, M Echols dkk, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gema Insani, 1995

Lukman Hakim, Manajemen Pendidikan, Yokyakarta: Genta Pers, 2008

Lukman Hakim, Manajemen Pendidikan, Yokyakarta: Genta Pers, 2008

Mahdi, Bin Ibrahim, Amanah Dalam Manajemen, Jakarta: Al Kautsar, 1997

Muhaimin dkk, Manajemen Pendidikan dan Aplikasinya Dalam Menyusun Rencana Pengembangan Madrasah, Jakarta : Prenada Media Group, 2009

Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam-Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Malang: Erlangga, 2007

Mulyasa E. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004

Mulyasa. E , Manajemen Berbasis Madrasah, Remaja Rosdakarya., Bandung, 2004

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Kalam Mulia , 2008

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Kalam Mulia, 2008

Robbin dan Coulter, Manajemen -Edisi Kedelapan, Jakarta: PT Indeks, 2007

Sondang, P. Siagian, Filsafah Administrasi, Jakarta : CV Masa Agung, 1990

Sulistiorini, Manajemen Pendidikan Islam-Konsep, Strategi dan Aplikasi, Yokyakarta: Teras, 2009

Tim FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta, Manajemen Pendidikan, Surakarta: Muhamadiyah University Press, 2004

Yahrizal, Abbas, Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta: Kencana, 2009

Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: Bayu Indra Grafika, 2000

Zulkarnain, Traspormasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2008




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i10.535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats