EVALUASI RENCANA KERJA DAN ANGGARAN PADA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN BULELENG TAHUN 2019

Gede Wardana, I Nyoman Subanda

Abstract


Program yang telah direncanakan dan disusun baiknya harus terlaksana sesuai perencanaan yang telah dibuat karena sudah berdasarkan analisis SWOAT dan analisis kebutuhan. Seringkali perencanaan yang dibuat setelah di implementasikan dan lanjut di evaluasi menjadi tidak sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengevaluasi rencana kinerja dan anggaran pada sekretariat DPRD Kab. Buleleng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penelitian evaluasi yang berati menjelaskan secara detail dan menggambarkan fenomena yang diamati. Sampel pada penelitian ini melibatkan lima (5) informan yang akan diwawancara terkait dengan rencana kinerja dan anggaran pada sekretariat DPRD di Kabupaten Buleleng. Menggunakan teknik wawancara mendalam dimana instrumen menggunakan lembar wawancara terstruktur dan lembar observasi. Hasil penelitian ini secara keseluruhan perencenaan yang dibuat telah dilaksanakan secara baik, namun rencana kerja yang disusun belum optimal yaitu belum memperhatikan aspek teknis dalam perhitungan kebutuhan  kegiatan sehinga rencana kerja  sekretariat anggota dewan keperluan dananya besar. Perumusan atau pengkajian tingkat capaian target oleh pengguna anggaran tidak pernah dilakukan sehingga untuk mengkur tingkat keberhasilan suatu program yang dalam indikator kinerja sasaran tidak diketahui. Kesimpulan ketidaksesuai rencana kerja yang dibuat dengan pagu penyusunan RKA-SKPD. Sehingga kurangnya pagu yang dialokasikan dalam proses penyusunan RKA SKPD membuat  tidak leluasa untuk menggunakannya dalam program dan kegiatan. Sangat perlu dilakukan kajian awal mengenai hal dimaksud sehingga tidak terjadi ketidaksesuaian.


Keywords


Evaluasi, Rencana Kerja & DPRD

Full Text:

PDF

References


Donald M. Norris and Nick L. Poulton. (2010). A Guide to Planning for Change. Michigan: The Society for College and University Planning (SCUP).

Alan Walter Steiss. (2003). Strategic Management for Public and Nonprofit Organizations. New York: Marcel Dekker, Inc.

Marios I. Katsioloudes. (2006). Strategic Management: Global Cultural Perspectives for Profit and Non-Profit Organizations. San Francisco: Elsevier Butterworth Heinemann Publications.

Franco Archibugi. (2008). Planning Theory: From the Political Debate to the Methodological Reconstruction. Roma: Springer-Verlag.

John M. Bryson. (2004). Strategic Planning For Public And Nonprofit Organizations: A Guide To Strengthening And Sustaining Organizational Achievement. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i7.544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats