PENINGKATAN PRESTASI RASA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU IPA

Darmawan Harefa

Abstract


Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Analisis Regresi untuk mempelajari variabel bebas dengan variabel yang didukung. Uji statistika menggunakan uji-t. Analisis data menggunakan teknik menantang dan regresi ganda. Hasil penelitian. Meningkatkan motivasi diri dan motivasi bersama terhadap kinerja guru IPA. Hasil analisis diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,565 dan koefisien determinasi sebesaar 31,9%, setelah dilakukan pengujian diperoleh Fhitung (8,676) > Ftabel (3,25) menurut koefisien tersebut signifikan. Sedangkan dari analisis regresi diperoleh garis regresi = 23.854 + 0,375X1 + 0,331X2. Rasa Percaya diri berpengaruh signifikan terhadap variabel yang didukung kinerja guru IPA. Dari evaluasi yang signifikan, koefisien yang diperoleh thitung (2,409)> ttabel (1,70) pada taraf nyata 5%, yang berarti tentang peningkatan pencapaian rasa percaya diri terhadap kinerja guru IPA. Motivasi pentingnya signifikan terhadap Kinerja Guru IPA. Dari pengujian koefisien. Diperoleh dari thitung (2,452)> ttabel (1,70) pada taraf nyata 5%, yang berarti benar-benar peningkatan prestasi rasa percaya diri yang positif antara motivasi terhadap kinerja guru IPA.

Keywords


Kompleksitas Peningkatan Prestasi, Percaya diri, Motivasi, Kinerja, Guru IPA

Full Text:

PDF

References


M. Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara., 2010.

S. Suryabrata, Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali, 2006.

A. Zainal, Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung.: Remaja Rosda Karya, 2012.

G. Ariwaseso, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta., 2011.

T. P. Hernacki, Quantum Learning, Membiaskan Belajar Nyaman dan Menyenagkan. Bandung.: Kaifa, 2003.

O. Hamalik and Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.

S. Robbins, Manajemen edisi kespuluh. Jakarta: Erlangga., 2010.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

F. C. Gomes, Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset., 2003.

H. Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN, 2011.

D. Furtwengler, Ten Minute Gide To Performance Sppraisals. Terjemahan Fandu Tjiptono. Yogyakarta: Andi, 2002.

M. Pidarta, Perencanaan Pendidikan Parisipatori dengan Pendekatan sistem. Jakarta: Rineka Cipta., 2005.

D. Harefa, “EFEKTIFITAS METODE FISIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI ATENSI SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta),” Fakt. J. Ilm. kependidikan, vol. 5, 2018.

U. . Supardi, Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: PT. Ufuk Publishing House, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta., 2012.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Harefa, D. (2018). EFEKTIFITAS METODE FISIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI ATENSI SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats