MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LKS PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 RENDANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ketut Reni Purnami

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Rendang yang berlokasi di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bahasa inggris. Dalam mengumpulkan data hasil penelitian ini penulis memberikan tes penilaian pada peserta didik. Dalam menganalisis data yang telah diperoleh, peneliti menggunakan analisis deskriptif. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis, diperoleh peningkatan hasil dari awalnya mencapai nilai rata-rata 62 dengan ketuntasan belajar 47%. Pada siklus I meningkat sesuai yang diharapkan mencapai 67 dengan ketuntasan belajar 67%, dan pada siklus II meningkat sesuai harapanya mencapai 76 dengan ketuntasan belajar 90%. Dari hasil yang diperoleh tersebut dapat disampaikan simpulan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bahasa inggris pada siswa kelas VII B SMPN 1 Rendang tahun pelajaran 2019/2020.


Keywords


Pendekatan Saintifik & Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


http://www.markijar.com/2017/05/membaca-pemahaman-dan-unsur-unsurnya.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Kemampuan

https://id.wikipedia.org/wiki/Pendekatan_saintifik

Kemdikbud. 2016. Panduan Pembelajaran SMP.

Parianingsih, I Gusti Ayu . 2008. Menggunakan Dictoglos Untuk Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Pebelajar SMP N 2 Kediri Pada Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian Tindakan Kelas.

Prasetya, Yoga. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Geometri Kelas X SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian Tindakan Kelas.

Heldi. (2020). KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI KECAMATAN MEKARMUKTI KABUPATEN GARUT. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1). Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/41




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i12.604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats