STRATEGI IMC PEMERINTAH KOTA PAYAKUMBUH DALAM PROSES REBRANDING UNTUK MEMBENTUK BRAND IMAGE PAYAKUMBUH CITY OF RANDANG

Widya Karunia, Ernita Arif, Elva Ronaning Roem

Abstract


City Branding merupakan fenomena baru yang keberadaannya bukan hanya menjadi tren namun juga namun telah menjadi fokus utama dan kebutuhan yang disadari oleh tiap-tiap daerah. Payakumbuh yang terkenal dengan kuliner khasnya, merupakan salah satu kota yang cukup serius dalam membranding kotanya. Kota yang biasa dikenal dengan sebutan kota batiah, kini telah berinovasi dengan mengubah ikon kotanya menjadi kota randang. Proses rebranding ini dilakukan karena batiah sendiri dinilai sudah tidak lagi relevan untuk dijadikan citra kota karena keberadaannya yang sudah mulai jarang ditemukan di kota Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses rebranding kota Payakumbuh dan strategi IMC yang dilakukan oleh pemerintahnya dalam membangun brand image kota yang baru yakni sebagai kota randang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan post positivis. Sebagai acuan dalam mengolah data peneliti memakai teori rebranding dan komunikasi pemasaran terpadu (IMC).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rebranding yang dilakukan oleh pemerintah Payakumbuh terbilang sudah cukup baik dan proses ini dilakukan dalam empat tahapan, yakni tahapan positioning, tahapan renaming, tahapan redesigning dan tahapan relaunching. Dan elemen IMC yang dilakukan oleh pemerintah sebagai alat komunikasi untuk mengubah brand imagenya adalah personal selling, public relations, internet dan media baru, eksibisi dan corporate identity. Dimana kesemua elemen komunikasi tersebut saling terintegrasi dan saling melengkapi untuk membentuk brand image kota Payakumbuh yang baru yakni sebagai Kota Randang atau City of Randang yang dapat melekat di benak publik.

 


Keywords


Rebranding, City Branding, Brand Image & IMC.

Full Text:

PDF

References


Narny,dkk. 2018. Payakumbuh Kota Randang. Pemerintah Kota Payakumbuh.

Keller, Kevin Lane. 2003. Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity. California : Prentice Hall.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Morissan. 2007. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Tanggerang : PT. Ramdina Prakarsa.

Prisgunanto, Ilham, 2006. Komunikasi Pemasaran Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip & Amstrong. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan, Cetakan Kedua. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler, Philip & Keller Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas, Jakarta: Erlangga

Rangkuti, Freddy. 2008. The Power of Brand Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Muzellec, Laurent. and Lambkin, Mary. 2006. Corporate Rebranding: Destroying, Transferring, or Creating Brand Equity?. Dublin: Emerald Insight.

Isyana, Riza Rizki 2015. Strategi Pemasaran Melalui Rebranding (Studi Kasus Rebranding Piring Putih Menjadi Redberries Food and Folks Dalam Meningkatkan Penjualan). Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga

Indika, Deru R, dkk. 2018. Analisis Rebranding Untuk Membentuk Favorable Brand image Pada Radio Play 99ers. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran, Vol. 15 No. 2 Oktober 2018 hal. 121-135.

[ [13] Johnson, Turtle, Muncy and Standlee. 2002. Consignia plays the re-branding name game – and loses. UK: Emerald Group Publishing.

Kriyantono, Rahmat.2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i12.608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats