STRATEGI PEMASARAN ISLAMI USAHA MIKRO UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (STUDI USAHA KERUPUK DI DESA MEREMBU)

Desi Suryati, Rohmiati Amini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Islami Usaha Mikro Untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Usaha Kerupuk Di Desa Merembu). Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan kepada kondisi obyektif yang ilmiah bersifat deskriptif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data adalah Wawancara, Dokumentasi, dan Observasi dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Strategi Pemasaran Islami Usaha Mikro krupuk untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat menggunakan empat strategi yaitu Islam Marketing Strategy yaitu dengan memetakkan pasar berdasarkan pertumbuhan pasar dan situasi persaingan sehingga yang menjadi alternative dalam memasarkan produk disesuaikan pula dengan jenis produk. Islam Marketing Tactic yaitu memenangkan market share dengan melakukan diferensiasi produk melalui penggunaan marketing mix (price, product, palace and promotion), diferensiasi produk yang dilakukan pengusaha krupuk ini dengan memberikan bentuk dan varian rasa serta aroma terhadap produk yang dihasilkannya.  Islam Marketing Value yaitu memenangkan heart-share ( kecintaan pelanggan terhadap produk) membangun brand  yang  kuat,  memberikan service yang membuat pelanggan loyal, dan mampu menjalankan proses yang sesuai dengan kepuasan pelanggan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan tetap mengikat pelanggan dengan mengantarkan barang pesanannya ke alamt yang disampaikan. ; dan Islam Marketing Scorecard yaitu menciptakan keseimbangan value kepada para Pelanggan. Strategi pemasaran  islami dilakukan sebagai upaya untuk melakukan perniagaan dengan nilai keberkaan didalamnya, disisi lain strategi ini mampu memberikan perubahan terhadap peningkatan pendapatan bagi usaha mikro khususnya usaha krupuk di desa merembu kecamatan labuapi Lombok Barat. Pada hasil penelitian ini menunjukkan juga bahwa kendala yang dihadapi industri mikro krupuk ini adalah kurangnya modal sehingga belum maksimal dalm melakukan ekspansi, penggunaan IT(Informasi dan Teknologi) belum maksimal serta pengolahan produk krupuk masih menggunakan cara cara yang manual.

Keywords


Strategi Pemasaran Islami, Usaha Mikro & Pendapatan

Full Text:

Untitled Untitled PDF

References


Buchari Alma, 2009. ManajemenPemasaran Dan PemasaranJasa. Alfabeta, Bandung.

Deliarnov.1995. Pengantar Ekonomi Makro. UI Press. Jakarta

Ernie Tisnawati, Kurniawan Saefullah, Pengentar Manajemen, Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2008.

Febriana, Eni. 2010. Strategi untuk menigkatkan pendapatan Rumah Tangga Petani miskin Di Pedesaan : Studi kasus Pada Rumah Tangga petani Miskin di Desa Cisaat Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Tesis Universitas Indonesia. Jakarta.

Hamidi , M.Si.Dr.Prof. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian. UMM Press. Malang

Ika Yunia Fauzia, Etika Bisnis Islam, Jakarta : Kencana Prenandamedia Group, 2013.

Meleong, J.Lexy. Dr.,MA, Metodelogi Penelitian Kualitatif.”Remaja Rosdakarya. Bandung.

Muhammad Ismail Yusanto dan Muhammad Karebet Widjajakusuma, Menggagas Bisnis Islam, Jakarta: Gema Insani Press, 2003.

Nana Herdiana Abdurrahman, “Manajemen Bisnis Islam Dan Kewirausahaan”, Bandun: Cv Pustaka Setia, 2013.

Setiawan, Hari., dkk. 1999, ManajemenStrategiSebuahKonsepPengantarLPPEE UI, Jakarta

Sugiyono, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, ALFABETA, Bandung.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D, ALFABETA, Bandung.

Suryati, Desi, and Baiq Salkiah. "Analisis Program Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Pada UMKM Di Kota Mataram." Media Bina Ilmiah 13.12 (2019): 1823-1832.

Suryati, Desi, And Musniasih Yuniati. "Analisis Pemanfaatan Sumber Daya Anak Dalam Keluarga Untuk Mencapai Kesejahteraan Islami Pada Rumah Tangga Petani Di Kecamatan Sape Kabupaten Bima." (2018) : 111-117.

Suryati, Desi. 2014. "Analisis Pemanfaatan Sumber Daya Keluarga Untuk Mencapai Kesejahteraan Islami Pada Rumah Tangga Petani Di Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Tesis. Universitas Mataram

Sudono Sukirno, Pengantar Bisnis, Jakarta: Prenadamedia Group, 2004.

Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran, Depok: Pt Raja Grafindo Persada, 2013




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i1.652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats