ARSITEKTUR STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN UKM MAKANAN KECIL PADA MASA COVID-19 DI KALIMANTAN TENGAH

Fiasco Darung, Vivy Kristinae

Abstract


Kesejahteraan UKM di pandemic Covid 19 saat ini menjadi perhatian penelitian ini, untuk menggambarkan strategi bisnis dalam rancangan arah pada keberhasilan yang dapat meningkatkan pendapatan UKM di Kal-Teng. Arsitektur strategi bisnis yang terarah dengan visi, misi dan memperhatikan orientasi pasar dan inovasi signifikan dapat meningkatkan kesejahteraan UKM makanan ringan berbahan baku ikan sungai. Strategi bisnis di rancang kemudian diterapkan dan diteliti selama 6 bulan pada 250 responden UKM makanan ringan di Kal-Teng. Analisa secara kualitatif penelitian ini dilakukan dengan peninjauan langsung dan wawancara langsung sebagai laporan bulanan, bertujuan untuk membuktikan pentingnya UKM membangun arsitektur strategi bisnis yang baik. Masa COVID-19 membatasi kegiatan masyarakat diluar rumah memberikan dampak ekonomi yang melemah, sehingga menuntut pelaku UKM untuk dapat bertahan dengan arsitektur strategi bisnis hasil penelitian menunjukkan positif sebesar 89,1% sangat setuju mengelola bisnis dengan penerapan sistem arsitektur strategi bisnis dapat meningkatkan pendapatan rata-rata 25% per bulan. Implikasi penelitian untuk membantu UKM makanan ringan berbahan dasar ikan meningkatkan pendapatan melalui arsitektur strategi bisnis berbasis orientasi pasar dan inovasi, berdampak sangat baik pada kesejahteraan UKM di Kalimantan Tengah.


Keywords


Arsitektur Strategi Bisnis, Orientasi Pasar, Inovasi & Kesejahteraan UKM

Full Text:

PDF

References


Kristinae, V., & Sahay, M. (2019). Pengaruh Social Media, Learning Orientation Dan Market Orientation Terhadap Marketing Capabilities Ukm Kerupuk Ikan Saluang Di Kalimantan Tengah. Media Bina Ilmiah, 14(2), 1959-1966.

Negara, D. J., & Kristinae, V. (2019). Pengaruh Teknologi dan Inovasi dalam Persaingan Traditional Food di Kalimantan Tengah. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 2(1), 45-52.

Nahan, N., & Kristinae, V. (2019). Analisis Media Online sebagai Komunikasi Bisnis pada UKM Pekerja Wanita di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 52-62.

Kocak, A., Carsrud, A., & Oflazoglu, S. (2017). Market, entrepreneurial, and technology orientations: impact on innovation and firm performance. Management Decision.

Nuvriasari, A., Wicaksono, G., & Sumiyarsih, S. (2018). peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan strategi bersaing terhadap peningkatan kinerja UKM. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 19(2), 241-259.

Asyhari, A., Pudjihastuti, S. H., & Kurdaningsih, D. M. (2018). Peran mediasi keunggulan kompetitif pada faktor determinan kinerja bisnis UKM di sentra tenun batik di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 22(2), 111-131.

Peridawaty, P., Karuehni, I., & Kristinae, V. (2019). PERAN PROMOSI DALAM UMKM TAS DAN SEPATU ROTAN DI PALANGKA RAYA. MEDIA BINA ILMIAH, 14(2), 2047-2054.

Teece, D. J. (2019). A capability theory of the firm: an economics and (strategic) management perspective. New Zealand Economic Papers, 53(1), 1-43.

Baden-Fuller, C., & Teece, D. J. (2019). Market sensing, dynamic capability, and competitive dynamics. Industrial Marketing Management.

Yulia, Y. (2018). Rancangan Strategic Architecture Subsektor Peternakan Dalam Pembangunan Ekonomi Kabupaten Agam Sumatera Barat. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 70-77.

Aziza, M. N., Kurniadita, Y. A., Rohayani, N., Irfiana, U., Nugroho, S. D., Widyanto, F., ... & Yusron, M. Y. (2019). Optimalisasi Potensi Lokal melalui Branding Dusun Papak sebagai Desa Wisata untuk Kemajuan Perekonomian. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 259-262.

Nahan,N,V.,Kristinae,R.A.Z,Leiden. (2019),The Strength of a Business Strategy with Value Innovation for Rattan Handicarft Entrepreneurs in Central Kalimantan, Indonesia. The International Journal of Business a Management. Vol. 7, issue 12. Doi : http://dx.doi.org/10.24940/theijbm%2F2019%2Fv7%2Fi12%2FBM1912-010

Haryanto, A. T., Haryono, T., & Sawitri, H. S. R. (2017). Market Orientation, Learning Orientation and SMES Performance: The Mediating Role of Innovation. International Review of Management and Marketing, 7(1).

Qureshi, M. S., Aziz, N., & Mian, S. A. (2017). How marketing capabilities shape entrepreneurial firm’s performance? Evidence from new technology based firms in turkey. Journal of Global Entrepreneurship Research, 7(1), 15.

Kristinae, V., Sambung, R., & Sahay, M. (2019). The Role Of Entrepreneurial Orientation In Product Innovation In Emerging Markets On The Local Products. Oradea Journal of Business and Economics, 4(2), 35-44.

Nuryakin, N., Aryanto, V. D. W., & Setiawan, M. B. (2018). Mediating effect of value creation in the relationship between relational capabilities on business performance. Contaduría y administración, 63(1), 9.

Udayana, I. B., Tjahjono, H., Nuryakin, N., & Ardyan, E. (2018). The Important Role of Customer Information Quality on Salesperson Performance. In Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things. European Alliance for Innovation (EAI).

Mahmoud, M. A., Blankson, C., Owusu-Frimpong, N., Nwankwo, S., & Trang, T. P. (2016). Market orientation, learning orientation and business performance. International Journal of Bank Marketing.

Ferdinand, A. T., & Killa, M. F. (2018). The Pareto sales network asset: A networked power perspective. Ferdinand, AT, & Killa, MF (2018). The Pareto Sales Network Asset: A Networked Power Perspective. Business: Theory and Practice, 19(11).

Toendan, R. Y. (2019). Pengaruh Kompensasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada Rumah Sakit Ibu dan Anak “Bunda” di Palangka Raya. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 30-37.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i1.653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats