PENINGKATAN PENGUASAAN BAHASA RUSIA PRAMUWISATA DAN KEPUASAN WISATAWAN

Gede Ginaya, Sri Astuti, I Ketut Sadia

Abstract


Kinerja seorang pramuwisata sangat penting terhadap kepuasan wisatawan ketika wisatawan tersebut melakukan aktivitas wisata di sebuah destinasi. Salah satu faktor penting untuk memberikan kepuasan wisatawan adalah melalui penguasaan bahasa, karena jika pramuwisata menguasai suatu bahasa dengan baik, maka komunikasi akan berjalan lancar dan semua informasi dapat tersampaikan dengan baik. Dalam hal ini, penguasaan bahasa Rusia yang tergolong masih baru di industri pariwisata Bali sangat diperlukan oleh wisatawan Rusia untuk mendapatkan informasi yang memadai tentang kebudayaan masyarakat lokal.   Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah tentang peningkatan penguasaan bahasa Rusia oleh pramuwisata sebagai sebuah kualitas pelayanan untuk kepuasan wisatawan Rusia. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang datanya dikumpulkan melalui observasi terhadap penanganan wisatawan Rusia di lapangan, wawancara langsung dengan pramuwisata, dan studi dokumen. Data yang telah diklasifikasikan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif berdasarkan paradigma metodologis induktif. Hasil analisis data disajikan dengan metode formal dan informal. Berdasarkan tuntutan wisatawan Rusia untuk mendapatkan pelayanan prima, penguasaan bahasa Rusia pramuwisata telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Peningkatan penguasaan bahasa Rusia sebagai kompetensi komunikatif pramuwisata berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas layanan untuk kepuasan wisatawan Rusia.

Keywords


Penguasaan bahasa Rusia, Pramuwisata, Kualitas layanan, Kepuasan wisatawan Rusia.

Full Text:

PDF

References


Anonim (2006). Kumpulan peraturan di bidang kepariwisataan buku I. Denpasar: Dinas Pariwisata Provinsi Bali.

Anonim. Bahasa Rusia. Websites: https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Rusia diakses tanggal 23 Pebruari 2018.

Atmaja, I Made Nada. 2008. Kode etik pramuwisata. (Makalah disampaikan pada Kursus Sertifikasi Pramuwisata Universitas Hindu Indonesia, Denpasar 2008).

Bagarić, V., & Djigunović, J. M. (2007). Defining communicative competence. Metodika, 8(1), 94-103.

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial: Format-Format kkuantitatif dan Kualitatif.

Byrne, G., Lubowe, D., & Blitz, A. (2007). Using a Lean Six Sigma approach to drive innovation. Strategy & Leadership, 35(2), 5-10.

Celce-Murcia, M. (2008). Rethinking the role of communicative competence in language teaching. In Intercultural language use and language learning (pp. 41-57). Springer, Dordrecht.

Fadillah, Nanang S. (2006). Jalan-Jalan ke Rusia. Buku percakapan Rusia Indonesia Kesaint Blanc (Anggota IKAPI) Jl. Lentong No.9 Narogong Raya KM6,8 Rawa Lambu bekasi timur-Indonesia

Fandy, T. (2008). Service Management, mewujudkan layanan prima. Penerbit Andi, Jogjakarta.

Kalebos, F. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Wisata Kepulauan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(3).

Kotler, P. (2000). Marketing management: The millennium edition. Marketing Management, 23(6), 188-193.Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhallindo. Mahsun, M.S., 2005. Metode penelitian bahasa: tahapan strategi, metode dan tekniknya. PT RajaGrafindo Persada.

Ovsiyenko, Y.G. (1999). Russian for beginners. Moscow: Russky Yazyk Publisher.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A conceptual model of service quality and its implications for future research. the Journal of Marketing, 41-50.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1).

Prihatno, P. (2010). Memulihkan Citra Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan. Wahana Informasi Pariwisata: MEDIA WISATA.

Schiffman, K., & Kanuk, L. L. Wisenblit. 2010. Consumer Behavior.

Selang, C. A. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Sudaryanto. (1993). Metode dan aneka teknik analisis bahasa: pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Duta Wacana University Press.Sumarwan, U., 2014. Perilaku konsumen.

Suwintari, I. A. E. (2012). Kepuasan Wisatawan terhadap Kualitas Pelayanan Tourist Information Counters di Jalan Padma Utara Legian, Kuta. Volume 2 No. 2 Tahun 2012, 2(2).

Tjiptono, F. (2008). Service management mewujudkan layanan prima. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i9.72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats