MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELAS VIIE SMP DHARMA PRAJA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

I Nyoman Juniardianta

Abstract


Kemampuan berbicara bukan saja diperlukan di depan kelas, di muka guru atau dihadapan teman-teman. Kemampuan ini dipergunakan dalam seluruh kegiatan manusia sehari-hari. Yang paling penting siswa mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah tes yaitu dimana metode tersebut memberikan respon agar siswa memiliki rangsangan pada pemikirannya untuk melakukan Tanya jawab. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, metode Tanya jawab dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas VIIE SMP Dharma Praja, dan respon siswa terhadap penerapan metode Tanya jawab mendapatkan respon yang baik. Terkait dengan simpulan diatas guru diharapkan menerapkan metode Tanya jawab untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Terhadap siswa walaupun kemampuan berbicara siswa kelas VIIE SMP Dharma Praja sudah meningkat diharapkan dipertahankan bila perlu lebih ditingkatkan lagi.


Keywords


Kemampuan Berbicara, Bahasa Indonesia, Metode Tanya Jawab & SMP Dharma Praja Denpasar

Full Text:

PDF

References


A Alek., H. HP Ahcmad. 2010. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Azies furqanul, Alwasilah Chaedar. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ekasriadi I AA. 2006. Bahan Kuliah Berbicara I.IKIP PGRI BALI.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i3.733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats