PERILAKU LENTUR KOMPOSIT POLIESTER YANG DIPERKUAT DENGAN LIMBAH SERAT RAMI DARI INDUSTRI TEKSTIL

Wildan Habinata Sabri, Jauhar Fajrin, Buan Anshari

Abstract


Penelitian ini mencoba memanfaatkan sisa atau limbah serat Rami dari industri tekstil untuk membuat material komposit dengan matriks Poliester dan artikel ini membahas mengenai perilaku lentur dari komposit yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang didesain dengan pendekatan Design of Experiment (DOE) dimana analisis hasil pengujian laboratorium menggunakan metode statistik inferensial. Perlakuan atau variabel yang digunakan adalah orientasi seratnya; memanjang, acak dan anyam. Parameter yang dianalisa adalah kuat lentur dan modulus elastistas lenturnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa komposit poliester yang diperkuat dengan serat Rami yang dipasang secara memanjang memiliki kekuatan lentur paling tinggi, yakni sebesar 138,7 MPa, 62,99% dan 77,93% lebih tinggi daripada kuat lentur komposit poilester-Rami dengan serat acak dan anyam. Diagram tegangan-regangan dari hasil pengujian lentur mengindikasikan bahwa komposit poliester-rami bersifat getas karena kurva-kurva spesimennya putus secara tiba-tiba dan regangannya kurang dari 5%. Hasil Anova menunjukan bahwa nilai P-value = 0,000 dan nilai Fhitung = 34,01. Karena nilai P-value nya lebih kecil dari 0,05 dan juga karena nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (3,89), maka dapat disimpulkan bahwa orientasi serat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kuat lentur komposit poliester-Rami

Keywords


Lentur Komposit Poliester, Limbah Serat Rami & Industri Tekstil

Full Text:

PDF

References


Megumi, S. R., 2019, Rami bahan baku Tekstil Bermutu Tinggi, www.greeners.co. Diakses 6 Pebruari 2020.

Purboputro, P. I., dan Hariyanto, A., 2017, Analisis Sifat Tarik dan Impak Komposit Serat Rami Dengan Perlakuan Alkali Dalam Waktu 2,4,6, dan 8 Jam Bermatrik Poliester, Media Mesin: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Vol. 18 No 2. hal. 64-75.

Zhang, Y., Wen, B., Cao, L., Li, X., dan Zhang, J., 2015, Preparation and Properties of Unmodified Ramie Fiber Reinforced Polypropylene Composites, Journal of Wuhan University of Technology, Vol. 30 No. 1, pp. 198-202.

Simonassi, N. T., Pereira, A. C., Monteiro, S. N., Margem, F. M., Rodriguez, R. J. S., Deus, J. F., Vieira C. M. F., dan Drelich, J., 2017, Reinforcement of Polyester with Renewable Ramie Fiber, Materials Research, Vol. 2, No. 2, pp. 51-59.

Mardiyati, Srahputri, N., Steven, Suratman, R., 2017, Sifat Tarik dan Sifat Impak Komposit Polipropilena High Impact Berpenguat Serat Rami Acak Yang Dibuat Dengan Metode Injection Moulding, Jurnal Mesin, Vol. 26 No. 1, hal. 8-16.

Romanzini, D., Junior, H. L. O., Amico, S. C., dan Zattera, A., J., 2012, Preparation and Characterization of Ramie Fiber Glass Fiber Reinforced Polymer Matrix Hybrid Composites, Materials Research, Vol. 15 No. 3, pp. 415-420.

Robiandi, F., Mayantasari, M., dan Mart, D., 2018, Studi Ketahanan Benturan Pada Komposit Berbasis Rami Dengan Matriks PVC dan Poliester, Proseding SNITT-Politeknik Negeri Balikpapan.

Fajrin, J., Pathurahman, Suparjo, Handayani, T., 2017, Flexural Properties of Tropical Natural Fibers Reinforced Epoxy Composites Prepared Using Vacuum Bagging Method, Proceeding of ICST 2017, Universitas Mataram, Lombok.

Fitrayudha, A., Fajrin, J., dan Anshari, B., 2020, Analisis Sifat Mekanis Komposit Poliester Sisal Menggunakan Metode Anova, Jurnal Binawakya, Vol. 14 No. 7, hal. 2817-2824.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats