PENGARUH SELF-EFFICACY DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PERBANKAN DI PADANG

Suhery Suhery, Thesa Alif Ravelby, Sutiyem Sutiyem, Muthia Roza Linda, Agus Nurofik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Bagaimana pengaruh self-efficacy terhadap kepuasan kerja karyawan perbankan di Kota Padang; dan 2) Bagaimana pengaruh employee engagement terhadap kepuasan kerja karyawan perbankan di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk melihat seberapa jauh variabel bebas mempengaruhi variabel terikat dengan metode penelitian menggunakan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan perbankan di Kota Padang yang telah bekerja selama lebih dari 5 tahun. Dikarenakan metode penelitian menggunakan pendekatan survei yang salah satu keunggulannya terletak pada generalisasi, maka semakin banyak responden yang digunakan akan semakin baik. Oleh karena itu kali ini peneliti mencoba untuk mendapatkan responden lebih dari persyaratan minimal, sehingga presisi dalam penelitian ini akan semakin baik, jumlah responden yang diperoleh dalam penelitian ini berjumlah 119 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner. Setelah data memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas, kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan perbankan di Kota Padang; dan 2) employee engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan perbankan di Kota Padang. Nilai R square sebesar 0,353 hal ini mengindikasikan bahwa kontribusi variabel independent yang terdiri dari self-efficacy dan employee engagement terhadap variabel dependen yaitu kepuasan kerja dalam penelitian ini adalah sebesar 35,3% sedangkan 64,7% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Kepuasan Kerja, Self-Efficacy & Employee Engagement.

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. 1977. Self-Efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, Vol. 84, No. 2, 191-215.

Batool, L. S. 2014. Organizational Practices and Employee Engagement: A Case of Malaysia Electronics Manufacturing Firms. Journal of Business Strategy. 14(1). 3-10

Dewi, Putu Eka Purnama & Dewi, I Gusti Ayu Manuati. 2015. Pengaruh Self- Efficacy dan Motivasi Kerja Pada Kepuasan Kerja Karyawan Happy Bali Tour & Travel Denpasar. Journal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 9, No 1.

Endres, G.M. & Mancheno-Smoak, L. (2008). The Human Resource Craze: Human Performance Improvement and Employee Engagement. Organizational Development Journal; Spring 26 (1). pp. 69-78

Fernando Stefanus Lodjo. 2013. Pengaruh Pelatihan, Pemberdayaan dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 1, No. 3

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. 2010. Multivariate Data Analysis, 7th Edition. Singapore: Simon & Schuster Asia Pte, Ltd.

Hasibuan, Melayu SP. 2009. Manjemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ivancevich, John M., Konopaske, R., et al. 2006. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta; Erlangga.

Johan Widjaja & Devie. (2014). Pengaruh job satisfaction terhadap financial performance melalui employee engagement dan competitive advantage sebagai intervening variable pada perusahaan retail publik di Surabaya. Business Accounting Review, 2(2), 99-110.

Judge, A. T., Bono, E. J. (2001) Relationship of core self-evaluation traits, self-esteem, generalized self-efficacy and job performance: A Meta-Analysis. Journal of Applied Psychology, 86(1), 80-92

Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. 2000. Foundations of Behavioral Research 2nd. Harcourt College Publisher

Kreitner dan Kinichi. 2008. Organizationa behaviour 8th edition. McGrow Hill International Edition

Lamidi. 2010. Efek Modernisasi Kepemimpinan Pada Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol.10, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i4.772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats