SEVERAL FACTORS AFFECTING PRODUCTION OF RICE PLANT CULTIVATION IN PATTUKU VILLAGE, BONTOCANI DISTRICT, BONE)

A. Besse Dahliana, Firdaus Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan faktor produksi tanah, pola tanam, pemupukan, Pengendalian Organik Penganggu Tanaman (POPT), panen dan pascapanen dalam peningkatan produksi padi di Desa Pattukku Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pattuku Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone Sulawesi Selatan selama 3 bulan sejak Maret hingga Juni 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling atau pengambilan sampel yang dilakukan secara sengaja, yaitu seluruh petani di Desa Pattuku Kecamatan Bontocani yang mengusahakan tanaman padi sebagai salah satu komoditi pertanian sebanyak 125 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan porposive sampling (sengaja) yaitu petani yang tergabung ke dalam kelompok tani sebanyak 48 orang. Teknik pengumpulan data dimulai dengan observasi yaitu pengamatan secara langsung, wawancara semi terstruktur kepada nelayan rumput laut dan pedagang pengumpul berdasarkan kuesioner yang telah disiapkan terkait rantai pasok dan kualitas rumput laut. Focus Group Discussion (FGD), kemudian di lanjutkan dengan analisis statistik deskriptif dengan menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor tanah, pengetahuan petani dalam pengolahan tanah masih rendah, (2) faktor cara dan pola tanam, pengetahuan petani dalam hal penanaman dan pemeliharaan masih rendah, (3) masih rendahnya pemahaman petani terhadap penggunaan pupuk organik sehingga masi banyak yang menggunakan pupuk kimia, (4) faktor POPT, masih rendahnya keterampilan petani dalam penerapan sistem pengelolaan tanaman dan sumber daya terpadu (PTT), (5) masih rendahnya pemahaman dan pola pikir terhadap panen dan pasca panen yang tepat sehingga mempengaruhi kualitas dan berdampak pada harga..

Keywords


Padi, Faktor Produksi, Pola Tanam & Pemupukan.

Full Text:

PDF

References


Badan Penyuluh Pertanian dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Bone. 2018.

Badan Pusat Statistik (BPS) 2015. Tabel luas panen produktivitas produksi tanaman padi Kabupaten Bone. Di akses pada 17 Maret 2019.

Fauzi Nurul Fathiyah. 2018. Potensi dan Strategi Pengembangan Pertanian pada Kelompok Tani Sumber Klopo I. Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Agribest Vol 02 No 02, September 2018: 159-1 73.

Hatta M, Rosmayati. 2015. Profil Karakter Tanaman Padi Populasi BULK Generasi F4 pada Kondisi Kahat Hara NPK. J Floratek. 1(10):10-17

Hermanto dan Swatika. 2011. Penguatan Kelompok Tani: Langkah Awal Peningkatan Kesejahteraan Petani. Bogor: Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Muchlis MB. 2011. Aplikasi Pupuk Anorganik dan Pupuk Organik Hayati pada Budidaya Padi SRI (System of Rice Intensification). Institut Pertanian Bogor.

Rita Nurmalina. 2008. Nalalisis Indeks dan Status Keberlanjutan Sistem Ketersediaan Beras di Beberapa Wilayah Indonesia. Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Jurnal Agro Ekonomi, Volume 26 No.1, Mei 2008 : 47 – 79.

Rizaldi, T. 2006. Mesin Peralatan. Departemen Teknologi Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Santoso AB. 2015. Pengaruh Luas Lahan dan Pupuk Bersubsidi terhadap Produksi Padi Nasional. Jurnal Ilmu Pertanania Indonesia. 20(3):208-212.

Saraswati R. 2012. Teknologi Pupuk Hayati Untuk Efisiensi Pemupukan dan Keberlanjutan sistem produksi pertanian. Seminar Nasional Pemupukan dan Pemulihan Lahan Terdegradasi; 2012 Juni 29-30; Bogor, Indonesia. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian. hlm. 727-738.

Siswanto T. 2014. Peran Pupuk Organik Dalam Peningkatan Efisiensi Pupuk Anorganik Pada Padi (Oryza sativa L.). Institut Pertanian Bogor.

Wahyudi David dan Aurino R.A Djamaris. 2018. Metode Statistik Untuk Ilmu dan Teknologi Pangan. Penerbit Universitas Bakrie ISBN : 978-602-7989-14-6




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i4.779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats