KOMUNIKASI INTERPESONAL DALAM MENGHADAPI ANAK KORBAN BULLYING

Yulanda Trisula Sidarta Yohanes, Rieka Yulita Widaswara, I Made Putra Suryantara, Tenri Waru, Yani Rosita Sarlan

Abstract


Indonesia menduduki peringkat pertama dalam kasus bullying dengan jumlah 84%. Hal ini menjadi perhatian publik untuk mengatasi masalah tersebut. Namun hal ini menjadi tantangan penelitian dari sudut pandang komunikasi mengenai pendekatan interpersonal dengan anak korban bullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengelola keterbukaan diri korban bullying dalam menggali informasi dan model komunikasi yang dilakukan komunikator dalam berhadapan


dengan korban bullying. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik penentuan informan adalah purposive sampling, sehingga didapat empat orang informan sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Cara pengumpulan data ada dua macan, yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah komunikasi interpersonal merupaakn jembatan antara individu dengan individu lain. Keterbukaan diri merupakan cara yang dapat dilakukan antara komunikator kepada komunikan untuk bisa memaknai sebuah pesan. Dalam keterbukaan diri, tidak semuanya tindakan komunikasi dapat menyelesaikan masalah. Hal ini disebabkan oleh kemampuan informan untuk mau berubah. Perbedaan penyelesaian masalah terjadi karena kemampuan komunikator dalam meyakinkan informan untuk mau berubah. Informan Wendi cenderung tidak ada perubahan dalam dirinya perlakuan bullying gestural dari lingkungan kampusnya, meskipun sudah mendapatkan masukan dari komunikatornya. Sedangkan informan kedua (Mega S) awalnya dia mengalami trauma, karena mulai terbuka dengan ibunya untuk menceritakan bentuk bullying gestural juga, namun ibunya sebagai komunikator mencoba menstimulus dengan meyakinkan informan untuk lebih percaya diri


Keywords


self disclosure, bullying

Full Text:

PDF

References


Colorosa, Barbara. 2007. Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Littlejohn, Steve W. 2016. Ensiklopedia Teori Komunikasi Jilid II. Jakarta: Kencana

Miles M.B. and Huberman. 1984. Complementary Methods for Research ini Education Change. Washington: ARA.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Olweus, D. 1993. Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Blackwell: Oxford.

Wulandari, Diah. 2009. Komunikasi dan KOnseing dalam Praktik Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika Press.

www.nasional.republika.co.id




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i10.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats