ANALISIS PELUANG USAHA DI KOTA PEMATANGSIANTAR MENGHADAPI DESTINASI WISATA DANAU TOBA

Ady Inrawan, Hery Pandapotan Silitonga, Ruth Tridianty Sianipar, Darwin Lie, Acai Sudirman

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui kekuatan, peluang, ancaman, dan hambatan usaha yang dihadapi Kota Pematangsiantar, serta bagaimana pengembangan potensi usaha yang dimiliki Kota Pematangsiantar. Pendekatan kualitatif diguankana dalam penelitian ini dengan metode fenomenologi. Sumber data yang digunakan data primer (hasil wawancara dan hasil observasi), dan data sekunder (dokumen-dokumen dan laporan). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya observasi, dokumentasi, dan wawancara. Alur kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini dapat dengan proses sikluasi interaktif. Proses sikluasi interaktif merupakan kegiatan yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian diperoleh kekuatan Kota Pematangsiantar lokasi yang strategis, sebagai objek wisata dan pusat makanan dan minuman, memiliki terminal type A, jumlah pelaku UMKM, dan memiliki sektor unggulan di masing-masing kecamatan. Kelemahan di Kota Pematangsiantar akses pasar, promosi UMKM, modal dalam mengembangkan UMKM, ketersediaan bahan baku. Peluang di Kota Pematangsiantar kawasan wisata Danau Toba, Kawasan Industri Sei Mangkei, dan Pembukaan jalur tol Siantar- Medan. Ancaman di Kota Pematangsiantar keterbatasan pengetahuan tentang aspek-aspek dalam berwirausaha, tekanan persaingan domestik, dan peralatan usaha. Pengembangan potensi di Kota Pematangsiantar sektor pariwisata didukung dengan potensi alam, budaya, dan sejarah yang dimiliki., dan wisata kuliner.


Keywords


Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman, UMKM

Full Text:

PDF

References


Handayani, S. F., & Mahendrawathi, E. R. (2019). Antecedent and business process management non-technical capabilities in social media implementation for micro, small and medium enterprises: A conceptual model. Procedia Computer Science, 161, 1114–1121.

Sanito, R. C., You, S. J., Chang, T. J., & Wang, Y. F. (2020). Economic and environmental evaluation of flux agents in the vitrification of resin waste: A SWOT analysis. Journal of Environmental Management, 270(200), 110910.

Siregar, R. T., Silitonga, H. P., & Putri, J. A. (2020). Development Strategy for Micro , Small and Medium Enterprise ( MSMEs ) in Pematangsiantar City. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 133–142.

Irjayanti, M., & Azis, A. M. (2012). Barrier Factors and Potential Solutions for Indonesian SMEs. Procedia Economics and Finance, 4(Icsmed), 3–12. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(12)00315-2

Firmansyah, A., & Roosmawarni, A. (2020). Kewirausahaan (Dasar dan Konsep). Bandung: Qiara Media.

Jaswadi, Iqbal, M., & Sumiadji. (2015). SME Governance in Indonesia – A Survey and Insight from Private Companies. Procedia Economics and Finance, 31(15), 387–398.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Meutia, & Ismail, T. (2012). The Development of Entrepreneurial Social Competence and Business Network to Improve Competitive Advantage and Business Performance of Small Medium Sized Enterprises: A Case Study of Batik Industry in Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 65(ICIBSoS), 46–51.

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.

Fahmi, Irham. (2015). Manajemen Strategis. Bandung: Alfabeta

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Cetakan ke). Bandung: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i10.828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats