ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Irvana Arofah, Besse Arnawisuda Ningsi, Lalu Masyhudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variabel fisiologis, psikologis, keluarga dan lingkungan serta sarana dan prasarana secara bersama-sama terhadap prestasi akademik mahasiswa yang dinyatakan dalam model regresi sebagai                           berikut : Y = 3,753+ 0,011X1 + 0,007X2+ 0,021 X3 + 0,004 X4. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel fisiologis, psikologis, keluarga dan lingkungan serta sarana dan prasarana secara bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Keempat variabel bebas memberikan kontribusi terhadap peningkatan prestasi akademik mahasiswa sebesar 62,6%. Sedangkan secara parsial masing-masing variabel bebas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat dengan nilai t-hitung untuk variabel fisiologis dan psikologis sebesar -2,412 dan -2,375 lebih kecil dari nilai t-tabel = -1,684 serta t-hitung  untuk variabel keluarga lingkungan dan sarana prasarana sebesar 3,444 dan 2,318 lebih besar dari nilai t-tabel = 1,684.


Keywords


Prestasi Akademik & Regresi

Full Text:

PDF

References


Al-Twaijry, A.A. 2010. Student Academic Performance in Undergraduate Managerial-Accounting Courses. Journal of Education for Business, Volume 85(6); 311-322.

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.

Beke, Agus Dairo. 2008. Pengaruh Motivasi Berprestasi Mahasiswa, Persepsi Kompetensi Dosen, dan Sikap Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Bina Widya. Volume 19 (3); 167-175.

Djaali, H, 2006. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Hildayati, M. 2002. Penelusuran Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Semester I Universitas IBN Khaldun Bogor. Skripsi. Jurusan Statistika-MIPA : IPB Bogor.

Hidayanti, A. A., & Masyhudi, L. (2020). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAYA TARIK DAN LOKASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI DESA TETE BATU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 129–144. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.160

Kruck, S.E dan Diane Lending. 2003. Predicting Academic Performance in an Introductory College-Level IS Course. Information Technology, Learning, and Performance Journal. Volume 21(2); 9-15

Lestari, Puji. dan Irianing Suparlinah. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume 11(2); 144-152

Masyhudi, L., & Khalik, W. (2018). PENENTUAN RUTE WISATA MINIMUM DI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT DENGAN PENDEKATAN ALGORITMA DIJKSTRA. Media Bina Ilmiah, 12(12), 689–698. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v12i12.116

Moh. Uzer Usman. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.

Oemar Hamanik. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan dalam Belajar. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i5.854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats