IMPLEMENTASI SISI PENAWARAN PARIWISATA KREATIF DI KAMPUNG SENI DAN BUDAYA JELEKONG

Riza Taufiq, Ersy Ervina

Abstract


Pariwisata Kreatif tidak hanya fokus pada pengembangan sumber daya yang telah ada/ warisan yang sudah menjadi turun temurun, tetapi juga dilakukan pengembangan pengetahuan dan keterampilan budaya untuk mengembangkan potensi kreatif di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifkasi gambaran umum kepariwisataan di Kampung Seni dan Budaya Jelekong, sehingga dapat dianalisis faktor permintaan dan penawarannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan unit analisis berdasarkan konsep creative tourism business model yang mencakup faktor penawaran dan faktor permintaan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei baik survei data primer maupun survei data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi lapangan dan wawancara. Sedangkan teknik pengupulan data sekunder dilakukan melalui studi literatur. Analisis data menggunakan metode analisis isi dan analisis kualitatif deskriptif. Analisis ini digunakan sebagai metode dalam penelitian karena mempertimbangkan bentuk data dan informasi yang dikumpulkan dalam bentuk wawancara, survei dan dokumen resmi yang membutuhkan teknik untuk memahami dan menginterpretasikan data. Teridentifikasinya gambaran umum kepariwisataan di Kampung Seni dan Budaya Jelekong dapat membantu dalam pengolaan creativepreneur tourism. Selain itu faktor penunjang atau faktor penawaran menjadi daya tarik utama dalam membangun Kampung Seni dan Budaya Jelekong.

Keywords


Pariwisata Kreatif, Jelekong & Warisan Budaya

Full Text:

PDF

References


D Alessa, L., Bennett, S.M., Kliskey, A.D., 2003. Effect of knowledge, personal attribution and perception of ecosystem health on depreciative behaviours in the intertidal zone of Pacific Rim National Park and Reserve. J. Environ. Manage. 68, 207–218.

Hendro. 2011. Dasar – dasar Kewirausahaan, Panduan bagi Mahasiwa untuk Mengenal, Memahami dan Memasuki dunia Bisnis. Jakarta. Erlangga.

Kostopoulou, Stella. "On the revitalized waterfront: Creative milieu for creative tourism." Sustainability 5, no. 11 (2013): 4578-4593.

Ohridska-Olson, R. V., and S. H. Ivanov. "Creative Tourism Business Model And Its Application In Bulgaria. Cultural Realms, 1–17." (2010).

Ohridska-Olson, Rossitza Vassileva, and Stanislav Hristov Ivanov. "Creative tourism business model and its application in Bulgaria." In Proceedings of the Black Sea Tourism Forum'Cultural Tourism–The Future of Bulgaria. 2010.

Richards, Greg, and Julie Wilson. "The

reative turn in regeneration: Creative spaces, spectacles and tourism in cities." Tourism, culture and regeneration (2007):12-24.

Shohib, Muhammad. 2013. Advercity

Quotient Dengan Minat Entrepreneurship. Vol. 01, No.01, Januari 2013. ISSN: 2301- 8267.

Suryana. (2003). Kewirausahaan: Pedoman

praktis, kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba empat.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i3.878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats