PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM PENGENALAN KOMUNIKASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pada pembelajaran bahasa Inggris SD, siswa diajarkan materi dasar bahasa Inggris yang sesuai dengan kompetensi dasar yang lebih konkret dan kontekstual. Dibutuhkan juga media yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran guna membantu dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran bahasa inggris merupakan salah satu media pendidikan berupa animasi, teks, gambar dan video yang di implementasikan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash dengan memanfaatkan berbagai fasilitas dan tools yang ada didalamnya. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang ahli materi, tiga orang ahli media, dan lima orang pengguna. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil angket pengujian oleh ahli materi diperoleh jumlah skor 91 dengan kategori “Sangat Layak” dengan persentase kelayakan 91% kemudian pengujian oleh tiga ahli media diperoleh jumlah skor 184 dari skor maksimum 210 dengan kategori “Sangat Layak” dengan persentase kelayakan 87,61 % , serta pengujian dari lima orang pengguna diperoleh jumlah skor 169 dari skor maksimum 200 dengan kategori “ Sangat Layak” dengan persentase kelayakan 87,61 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa inggris berbasis adobe flash yang dikembangkan “Sangat Layak” digunakan dalam pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar,(2002),Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers. Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bahri Djamrah Syaiful dkk,(2010). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Beres Lando Sianturi “Media Pembelajaran Ipa Berbasis Flash Sub-Bab Zat Adiktif Dan Adiktif” (2017)
Daryanto, (2012).Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto.Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa, 2015
Mubarok, Fajar. (2015). Pengembangan Media Pembelajaram Berbasis Mobile Application Menggunakan App Invertor pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian TGB SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil pada 23 Maret 2020 dari http://eprints.uny.ac.id/13145/
Muhammad Hafidz. Media Pembelajaran Dengan Adobe Flash Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Samarinda(2018)
Sugiyono,(2015), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.
Tegeh, I Made, I Nyoman Jampel dan Ketut Pudjawan. 2015. “Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE”. Disertasi Doktor, Universitas Pendidikan Ganesha
Wahyudin.Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Sesuai Standar Kompetensi Di Madrasah Tsanawiyah Al-Misra(2017)
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.881
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats