PENGARUH METODE MAKE A-MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PAI

Jesi Fitria, Kurniawan Kurniawan, Fadhila Fadhila

Abstract


Sangat penting bagi guru memiliki kompetesi dalam pengelolaan kelas. Salah satunya dengan menggunakan metode yang berfokus pada siswa (student centered learning) yang dapat memberi dampak lebih baik pada hasil belajar. Satu contoh metode student centered learning adalah make a match. Peneliti akan meneliti seberapa signifikan pengaruh metode ini terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam (PAI). Penelitian dilakukan pada sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta Guppi No.12 Lubuk Kembang Rejang Lebong. Pendekatan yang akan digunakan adalah kuantitatif. Hasilnya Koefisien Determinasi (R2 atau R-square) besarnya pengaruh antara variabel X dengan variabel Y yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah 0,918. Hal ini berarti menunjukkan signifikansi yang kuat metode make a match dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa.


Keywords


Make A Match, Hasil Belajar & Pengaruh

Full Text:

PDF

References


Jamalludin Abdullah Ali, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia, 1999

Irawan Suhartono, Metodelogi Penelitian Sosial Suatu Tehnik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial Dan Ilmu Sosial Liannya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekataan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i6.901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats