KUALIFIKASI FASILITAS PUBLIK DALAM KAWASAN PARIWISATA SENGGIGI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

I Putu Gede

Abstract


keberadaan kawasan  pariwisata  dalam satu destinasi menjadi pusat sarana alternatif untuk kegiatan orang-orang berwisata. Sebagai bagian dari destinasi wisata nasional, sudah selayaknya memberikan rasa  nyaman bagi para pengunjungnya .salah satu fasilitas yang wajib tersedia bagi para pengunjung  adalah fasiltas umum  seperti toilet  dan musola . metode penelitian  yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa: daftar periksa, pedoman wawancara, dan dokumen. Teknis analisis yang dipakai adalah statistic deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) manterial toilet dan musola, di kawasan pariwisata  senggigigi  hanya memenuhi 60% sub pengelolaan, musola 75%  milik Pasar seni senggigi dan pura batu bolong seni; (2) kondisi toilet dan musola minim tidak  lengkap dan berkadar kurang; berdasarkan aspek fasilitas pendukung dan ukuran, musola berkondisi buruk: (3) penerapan standar toilet dan musola umum belum  memenuhi dua dari tiga persayaratan, dan belum ada regulasi yang resmi.


Keywords


tourist area, public facilities, toilets condition, toilet-standard,.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Stiam Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Jakarta :

Rincka Cipta.Furchan, A. (2004). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta Pustaka Belajar.

Ghost, D., & Almansytir, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.Jogjakarta:

Ar-Ruzz Media.Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2014). Larnpiran Peraturan Menteri Pariwisata dan EkonomiKreatif

Republik Indonesia Nomor 2 Tahun2014 tentang Pedoman PenyelenggaraanUsaha HotelSyariah. (pdf)- Tersedia: littps://%vww.bing.com/search?q=Ped onian+Penyelenggaraan-Usalia+Hot el+Syariah&,form=PRIDID&pc=EU PP &I1ttpsmsn=l&refg=584c46l3af Ie4dObO4ea3c253l3dd4d&pq=pcdo man-penyelenggaraan+usaha+hotel+ syariah&,sc--O- I I &sp--- I &qs=n&sk= [ Juni 2016).

Kusmayadi. (2004). Swastika Pariwisata Desk?-iprif. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:

Purwanto, E.A., & Sulistyastuti, D.R. (2011). Metode Penelitian Kuawilwif unwk Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Social.

Yogyakarta: Gava Media.

Satori, D.. & Kornariah, A.(2014). Metodologi Penelinan Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. (2009). Somber Daqa Manusia dan Produktivitas Keria. Kabupaten Lombok Barat: CV Mandar Maju.

Soekadijo. (2000). Anatomi Pat-Avista. Jakarta : Gramedia.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yoeti, A, O. (1990). Pemasaran

Pariwisata. Bandung Angkasa.

Yoeti, A, O. (1996). Pengantar Ilmu pariwisata. Bandung : angkasa.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i10.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats