PENINGKATAN KUALITAS PERMUKIMAN DESA LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT MENUJU PROGRAM KOTAKU 2020

Danny Semidt Novianto Ridawan, Suryawan Murtiadi, Heri Sulistiyono

Abstract


Desa Labuapi Kabupaten Lombok Barat terletak berbatasan dengan Kota Mataram. Untuk menjaga wilayah tersebut sebagai wilayah penopang perekonomian maka dibutuhkan suatu peningkatan kualitas pembangunan dalam kawasan permukiman yang terencana, sistematis dan berkelanjutan. Hal ini akan tercapai dengan menerapkan prinsip perencanaan yang cepat, tepat, efektif dan efisien dalam pembangunan infrastruktur permukiman. Penelitian ini difokuskan pada dua Lingkungan yang dianggap kumuh yaitu Lingkungan Labuapi Utara dan Lingkungan Labuapi. Empat kategori kekumuhan ditetapkan menurut panduan Dirjen Cipta Karya yaitu: tidak kumuh (0-19), kumuh ringan (19-44), kumuh sedang (45-70) dan kumuh berat (71-95). Kekumuhan ditentukan berdasarkan 7 (tujuh) faktor fisik yang meliputi kondisi rumah, jalan, air bersih, drainase, air limbah, persampahan dan proteksi kebakaran. Faktor non fisik berupa sosial dan ekonomi juga menjadi acuan dalam penilaian ini. Hasil penelitian menunjukkan Desa Labuapi mempunyai nilai 24 masuk kriteria kawasan kumuh ringan. Untuk itu perlu disusun rencana teknis berupa peningkatan jalan lingkungan sepanjang 3043 meter, saluran drainase 1513 meter, saluran pembuangan air limbah 914 meter, serta instalasi pengolahan air limbah 4 unit dengan jamban sejumlah 63 unit. Pengadaan gerobak/motor sampah dan pasokan air pada setiap RT juga harus dipenuhi sesuai dengan kondisi permasalahan. Rencana teknis ini diperlukan untuk meningkatkan kategori menjadi tidak kumuh dengan nilai 15.


Keywords


Permukiman kumuh, Program Kotaku, Infrastruktur & Labuapi

Full Text:

PDF

References


Butar-Butar, S., 2012, Penataan Lingkungan Permukiman Kumuh di Wilayah Kecamatan Semampir Kota Surabaya Melalui Pendekatan Partisipasi Masyarakat, Jurnal Teknik POMITS, Surabaya.

Mawarty, R.D., 2008, Studi Mengenai Hubungan Pembangunan Sarana dan Prasarana Dasar Terhadap Peningkatan Kualitas Kawasan Pemukiman Kumuh, Universitas Sultan Agung, Semarang.

Kurniawan, Nanda., 2017, Strategi Perencanaan Infrastruktur Menuju Kota Tanpa Permukiman Kumuh, Program Studi Magister Teknik Sipil, Program Pasca Sarjana, Univeritas Mataram, Mataram.

Tarigan, R., 2016, Perencanaan Pembangunan Wilayah, Edisi Revisi, Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta.

Rustiadi, E., Saefulhakim, S., dan Panuju, D.R., 2009, Perencanaan dan Pengembangan Wilayah, Crestpent Press dan Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Nugroho, I. dan Dahuri, R., 2012, Pembangunan Wilayah: Perspektif Ekonomi, Sosial dan Lingkungan, Penerbit LP3ES, Jakarta.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2011, Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, Jakarta.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 02/PRT/M/2016, Tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh, Jakarta.

Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah Republik Indonesia Nomor 217/KPTS/M/2002, Tentang Pedoman Umum Peningkatan Kualitas Permukiman, Jakarta.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1992, Tentang Perumahan dan Permukiman, Jakarta.

Keputusan Bupati Lombok Barat Nomor: 1197A/51/Bappeda/2014, Tentang Penetapan Kawasan Lingkungan Perumahan dan Permukiman Kumuh di Kabupaten Lombok Barat Tahun 2014-2019, Gerung, Lombok Barat.

Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2016, Panduan Penyusunan Rencana Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan (RKP-KP), Direktorat Jenderal Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Perda Kabupaten Lombok Barat Nomor 11, 2011, Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat Nomor 11 Tahun 2011-2031 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lombok Barat Tahun 2011-2031, Gerung, Lombok Barat.

Falatehan, A.F., 2016, Analytical Hierarchy Process (AHP) Teknik Pengambilan Keputusan untuk Pembangunan Daerah, Indomedia Pustaka, Yogyakarta.

Syahmuddin, 2010, Pengembangan Kawasan Perumahan dan Permukiman pada Kota Terpadu Mandiri (KTM) Mahalona Kabupaten Luwu Timur, Tesis, Program Studi Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota, Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro, Semarang.

Purwoto, B., 2016, Faktor-Faktor Dalam Pembangunan Infrastruktur Dasar dan Strategi Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh di Perkampungan Nelayan Kota Mataram (Studi Kasus Kampung Bugis, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Ampenan, Tesis, Program Studi Magister Teknik Sipil, Program Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats