HYDROLOGICAL DROUGHT INDEX CHARACTERISTIC IN CENTRAL LOMBOK REGENCY

Abd Azis Sakroni, I Wayan Yasa, Sasmito Soekarno

Abstract


Terbatasnya ketersediaan air permukaan dan curah hujan yang rendah, menyebabkan Pulau Lombok khususnya daerah Lombok Tengah sebagai salah wlayah yang rawan terhadap bencana kekeringan. Kekeringan menjadi penyebab kemiskinan karena biasanya terkait dengan siklus dan penyebaran penyakit serta ancaman ketahanan pangan. Oleh karena itu perlu upaya mengenali karakteristik kekeringan di wilayah ini guna antisipasi dini dan adpatasi guna mengurangi dampak kekeringan akibat variabilitas iklim saat ini dan mendatang. Dalam penelitian ini akan dihitung indeks kekeringan hidrologi dengan menggunakan metode IWAY, dalam metode ini menggunakan prinsip perbandingan antara debit defisit atau surplus yang terjadi pada kurun waktu tertentu terhadap debit normal (Q50), metode ini sangat sederhana digunakan dibandingkan dengan metode lain. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data debit yang tercatat pas Pos Duga Air yang berada di Kawasan administrasi Lombok Tengah dari tahun 1995-2018. Hasil analisis kekeringan tersebut kemudian dipetakan menggunakan software Arc GIS. Hasil studi menunjukkan pada periode defisit kekeringan tahunan, kejadian terparah terjadi dengan periode defisit 9 bulanan pada tahun 2018 di Ponggong dengan nilai indeks kekeringan hidrologi (IKH) -1.000 dan masuk klasifikasi amat sangat kering. Periode defisit 12 bulanan pada tahun 2018 di Perampuan dengan IKH -1.000 dan masuk klasifikasi amat sangat kering. Periode defisit 6 bulanan pada tahun 2018 di Lantan Daya dengan IKH -1.000 dan masuk klasifikasi amat sangat kering.


Keywords


Indeks Kekeringan Hidrologi, Periode Defisit & Arc GIS

Full Text:

PDF

References


Fleig A. 2004. Hydrological drought –A comparative study using daily discharge series from around the world. [disertasi]. Freiburg (DE): Univesitas Albert Ludwigs.

Fleig AK, Tallaksen LM, Hisdal H, Demunth S. 2006. A global evaluation of streamflow drought characteristics. Hydrol. Earth Syst. Sci. 10: 535:552.

Indarto, Wahyuningsih Sri, Pudjojono Muhardjo, Ahmad Hamid, Yusron Ahmad. 2014. Studi Pendahuluan tentang Penerapan Metode Ambang Bertingkat untuk Analisis Kekeringan Hidrologi pada 15 DAS di Wilayah Jawa Timur. Jember: Universitas Jember.

Yasa, I.W, Bisri M, Solichin M, Andawayanti U. 2018. Hydrological drought index based on reservoir capacity – Case study of Batujai dam in Lombok Island, West Nusa Tenggara, Indonesia. Polandia: Institute of Technology and Life Sciences (ITP), DOI: 10.2478/jwld-2018-0052




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i4.934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats