PENGEMBANGAN LKS BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA MATA PELAJARAN IPS SD KELAS V SDN GONDANG I

Etria Oktorini, Hikmah Eva Trisnantari, Adi Suselo

Abstract


Salah satu sumber belajar yang penting yaitu buku ajar berupa buku materi/Tema dan buku pendamping maupun lembar kerja siswa (LKS). LKS digunakan sebagai acuan untuk memandu pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan juga sebagai alat pembelajaran yang diharapkan lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam memahami materi pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan proses pengembangan LKS berbasis HOTS dalam meningkatkan hasil belajar siswa.(2) Desain atau rancangan LKS berbasis HOTS dalam meningkatkan hasil belajar siswa.(3) Efektifitas LKS Berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil pengembangan yaitu analisis isi pembelajaran, analisis deskriptif, analisis mean (rata-rata) dan analisis uji T. Berdasarkan hasil dari pre-test dan post-test menunjukkan sebuah perbedaan yaitu dari bahwa thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS berbasis HOTS. Dari rata-rata nilai pre-test diketahui x2 lebih besar dari x1 (83,33 > 56,83). Maka Pengembangan LKS berbasis HOTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Gondang I

Keywords


LKS, IPS & HOTS (High Order Thinking Skills.

Full Text:

PDF

References


Wahab, Abdul Aziz, dkk. 2009. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Unversitas Terbuka.

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS Konsep Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya

Fitri R.A, Noviana E, Fendrik M. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sekolah Dasar (Pengembangan Dengan Materi Volume Kubus dan Balok di SD IT AL-Fityah)

Evendy.R, Sumarmi, Astina.I.K. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Bln Februari, Thn 2018, Hal 271—277

Teti. & Hamdu, Ghullam. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Hots Berdasarkan Taksonomi Bloom di Sekolah Dasar. Pedadikta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5, No. 3 (2018) 45-58

Hendro Darmojo dan Jenny R. F. Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan

Basuki, I, dkk. 2015. Assesment Pembelajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya

Fajriyah, Khusnul dan Agustini, Ferina. 2017. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SD Pilot Project Kurikulum 2013 Di Semarang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Subana, dkk. 2005. Statistika Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i7.945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats