UPAYA PENINGKATAN SERVICE EXCELLENT SKILL DI BIDANG HOUSEKEEPING PADA MAHASISWA JURUSAN PERHOTELAN DI SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM

Rizal Kurniansah, Murianto Murianto

Abstract


Dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di dunia pendidikan, penguasaan service excellent, terutama pada bagian housekeeping, merupakan suatu hal yang sangat penting. Hal ini didasari atas berbagai pertimbangan yaitu, bagian housekeeping merupakan bagian yang langsung berhadapan dengan tamu serta kepuasan tamu bergantung dari kinerja dari department tersebut. Dengan semakin banyaknya hotel di NTB serta semakin dibutuhkannya sumber daya manusia yang kompeten, maka perlu dilaksanakan sebuah pelatihan. Sehingga melalui pelatihan tersebut dapat terus meningkatkan skill yang dimiliki oleh mahasiswa/i Sekolah TInggi Pariwisata Mataram dan sebagai bekal mereka agar lebih siap untuk terjun di industry perhotelan. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan pelayanan bagi mahasiswa/i STP Mataram, memberikan pengalaman pembelajaran Service Excellent kepada mahasiwa/i STP Mataram, dan meningkatkan kemampuan Service Excellent bagi mahasiswa/i STP Mataram dalam memberikan pelayanan. Target luaran dari pelatihan tersebut diharapkan mahasiwa/i STP Mataram memiliki kemampuan penguasaan Service Excellent yang memadai, terutama dalam tiga skill yang dilatihkan. Kemampuan ini diharapkan akan menunjang pencapaian tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang sebagai sasaran jangka pendek yang ingin dicapai oleh lembaga.Kegiatan ini akan berlangsung selam tiga bulan. Lama waktu yang dibutuhkan ini terkait dengan alokasi waktu yang dimiliki mahasiswa/i Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram mengingat kegiatan pelatihan ini diharapkan tidak mengganggu kegiatan perkuliahan dan kegiatan lainnya. Peserta berjumlah 20 orang yang terdiri dari mahasiswa/i kelas A sampai dengan Kelas E.Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan ini disambut positif oleh mahasiswa sebagai peserta dalam kegiatan pelatihan ini. Secara umum kegiatan pelatihan berlangsung dengan baik dan lancar dengan tingkat kehadiran peserta 100%. Ketercapaian target materi pelatihan sangat baik karena materi pelatihan telah disampaikan secara keseluruhan, kemampuan peserta dilihat dari penguasaan materi cukup baik. Hal ini diakibatkan waktu pelatihan yang mencukupi dalam menyampaikan materi dan praktek langsung. Berdasarkan hasil pelatihan tersebut, pelatihan dengan topik upaya peningkatan service excellent skill di bidang housekeeping pada mahasiswa jurusan perhotelan di sekolah tinggi pariwisata mataram ini secara keseluruhan dapat dikatakan berhasil/sukses.

Full Text:

PDF

References


Hadi, Wisnu dan Wulanto, Risky Wakyu. 2014. Peranan Housekeeping Dalam Usaha Meningkatkan Kepuasan Tamu Melalui Kebersihan Kamar Pada Housekeeping Departemen Di Sagan Huis Hotel Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol 5 (1):55

Hadiyanto dan Yuanita, Suzyant. 2010. Persepsi Mahasiswa Terhadap Layanan Nokia Life Tool Sebagai Inovasi Media Informasi Pertanian. Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia. Vol 4 (3): 366-379.

Parsidi. 2004. Pentingnya Housekeeping Bagi Suatu Hotel. Jurnal Media Wisata. Vol 2 (2) : 17.

Soepomo, Soenartomo. 2011. Persepsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Terhadap Program Kewirausahaan Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 13 (1): 1-7.

Thoha, Miftah. 2003, Perilaku Organisas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yulianto dan Damayanti, Weningtyas. 2014. Peranan Housekeeping Dalam Menangani Komplain Untuk Memberikan Kepuasan Tamu Di Mawar Asri Hotel Jogja. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol 5 (2) : 64.