MOTIVASI DAN SIKAP MAHASISWA PARIWISATA DI AKPAR MATARAM DALAM PEMBELAJARAN DUA BAHASA ASING SECARA SIMULTAN

ida nyoman tridarma putra

Abstract


Penelitian ini akan berfokus pada bagaimana motivasi belajar dan sikap bahasa mahasiswa dalam mempelajari dua Bahasa asing sekaligus yang belum pernah mereka pelajari sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di Akademi Pariwsata Mataram pada program studi perhotelan. Peneliti mengambil sampel penelitian yang berjumlah 40 orang mahasiswa/mahasiswi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sikap siswa terhadap bahasa Perancis cenderung tidak menyukai bahasa itu. Demikian juga halnya dengan bahasa Jepang, siswa cenderung tidak menyukai. Namun apabila dibandingkan sikap siswa terhadap kedua bahasa itu, sikap mereka terhadap bahasa Perancis daripada bahasa Jepang adalah lebih rendah. Mahasiswa merasa belajar Bahasa Jepang lebih memudahkan dan menyenangkan.Untuk sikap suka terhadap bahasa Perancis, skor reratanya adalah 76.60. Untuk sikap suka terhadap bahasa Jepang, skor reratanya adalah 81,69.

Full Text:

PDF

References


Abin Syamsudin. (1996). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Anderson, Edmund A. 1974. Language Attitude, Belief and Values: A study in Linguistic Cognitive Frameworks. Disertasi. Goergetown Universtiy.

Brown, H. Douglas. 2000. Teaching by Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy, Second Edition. New York: Addison Wesley Longman.

Cooper, R. and Joshua A. Fishman. 1973. Some issues in the Theory and Measurement of Language Attitudeā€.

Crookes, G., & Schmidt, R.W.1991. Motivation: Reopening the Researach Agenda. Language Learning 41(4). Hlm. 469-512.

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Dulay, Heidi, Marina Burt dan Stephen Krashen. 1982. Language Two. New York: Oxford University Press.

Fasold, Ralph. 1984. The Sociolinguistic of Society. Oxford Basil Blackwell.

Gardner, Robert, C. 1985. Social Psychology and Second Language Learning; The Role pf Attitides and Motivation. London: Edward Arnold.

Krashen, S. 1985. The Input hypothesis: Issues and Implications. London: Longman.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Petty , R.E. dan Cacioppo, J.T. 1981. Attitudes and Persuasion: Classic and Contemporary Approaches. Dubuque, IA: Wm C. Brown.

Pintrich, Paul. R. 2002. Motivation in Education: Theory, research and Application (second Edition) New Jersey:Pearson Education, Inc.

Rosenberg, M.J dan C.I. Hovland. 1960. An Analysis of Affective-Cognitive consistency: In C.I, Hovland dan MJ. Rosenberg (ed). Attitude organization and change. New Haven: Yale University Press.

www.bps.go.id https://www.bps.go.id/brs/view/1320 diakses 3 Agustus 2017