PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 13 MATARAM SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan motivasi hasil belajar peserta didik setelah menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA pada kelas VII A semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di SMPN 13 Mataram. Manfaat penelitian ini adalah melalui PTK ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah ,sekaligus dapat meningkakan kerjasama untuk menyelesaikan masalah dalam pelajaran IPA di kelas VII A SMPN 13 Mataram dan bagi guru diharapkan penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan seorang guru, dalam menerapkan metode pembelajaran PBL di kelas, sebagai upaya ilmiah untuk meningkatkan pengembangan keprofesional keberkelanjutan (PKB) bagi guru – guru. Pelaksanaan penelitian ini dua siklus , masing-masing siklus kegiatannya adalah ; perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II Nilai motivasi belajar rata-rata 82 dengan motivasi klasikal 100 % dan hasil belajar rata-rata individual 83 dengan ketuntasan klasikal 94 % . Hasil tersebut sudah melampaui indikator keberhasilan yaitu indicator motivasi dan hasil belajara sesuai KKM ( ≥ 75) Karena indikator keberhasilan telah tecapai maka peneltian dicukupkan pada siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Wahono, dkk,2014 , Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,Jakarta
Muchlisin Riadi : 2019, https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. ( SISDIKNAS ) Jakarta : Depdiknas.
___________. 2006. Kurikulum 2006. Jakarta : Depdiknas
https://alaksamana.blogspot.com/2017/02/pengertian-kurikulum-2013.html; September 2020.
https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-problem-based-learning/https://silabus.org/problem-based-learning
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i9.1041
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats