PENGEMBANGAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING KELAS 2 DI SD NEGERI TENGGONG
Abstract
Sparkol Videoscribe salah satu media pembelajaran yang dapat mendukung pemenuhan hak belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran dan kelayakan penggunaan media pembelajaran Sparkol Videoscribe di kelas 2 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Tahapan – tahapannya adalah potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, revisi desain,ujicoba produk, dan revisi produk. Hasil validasi dari para ahli menyatakan bahwa 96% media pembelajaran Sparkol Videoscribe sangat layak digunakan dalam pembelajaran di kelas 2 sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Askar, A. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas XI MM 1 Materi Teks Prosedur SMK Negeri 7 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017. Perspekt. Pendidik. dan Kegur. (2020) doi:10.25299/perspektif.2020.vol11(1).4852.
Akram, T. O. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Videoscribe Pada Materi Trigonometri. J. Math. Educ. Sci. (2019) doi:10.32665/james.v2i2.117.
Athena, T. Pemanfaatan Media Sparkol Video Scribe Di Sekolah Dasar. Elpeduaem (2018) doi:10.32492/lppm.v4i4.649.
Haryadi, S., Djatmiko, E. T. & Setyosari, P. Pembelajaran Tematik dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. J. Pascasarj. Univ. Negeri Malang (2013).
Hairunisya, N. (2018). Analysis of Lesson Plan, Learning Process, Teacher Competence Based on The Indonesian Economics. Dinamika Pendidikan, 13(1), 54–71. https://doi.org/10.15294/dp.v13i1.13617
Hairunisya, N., & Sunaryanto. (2020). Curriculum analysis based on indonesia’s economic behavior in the covid-19 period. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 6351–6360. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082274
Karli, H. Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesia. EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru (2016) doi:10.17509/eh.v2i1.2752.
Kholidin. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Institusi.
Laila, Q. N., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Al, N. & Mojokerto, H. Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Jenjang Sd/Mi. Model. J. Progr. Stud. PGMI (2016).
Lili Kasmini, Haris Munandar & Herda Linda. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas VI B SD Negeri 16 Banda Aceh. J. Tunas Bangsa (2020) doi:10.46244/tunasbangsa.v7i1.974.
Nafiah, Y. N. & Suyanto, W. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan the Application of the Problem-Based Learning Model To Improve the Students Critical Thinking. J. Pendidik. Vokasi (2014).
Muhson, A. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. J. Pendidik. Akunt. Indones. (2010) doi:10.21831/jpai.v8i2.949.
Rahmatika, D. F. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika.
Riyanto, R. (2017). Penerapan Media Karikatur Berbasis Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognetif Pada Matakuliah Genetika Mahasiswa Biologi Kalas-A Angkatan 2014-Ibu. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan.
Shofiyah, N. & Wulandari, F. E. Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. J. Penelit. Pendidik. Ipa (2018) Doi:10.26740/Jppipa.V3n1.P33-38.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i10.1214
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats