KOMITMEN MUTU PELAYANAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN AKREDITASI DI PUSKESMAS PADA ERA PANDEMI COVID-19

I Gede Purnamawan, I Nyoman Budiana

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komitmen peningkatan mutu (akreditasi), faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu serta upaya yang dilakukan untuk menjaga serta meningkatkan mutu (akreditasi) Puskesmas pada era pandemi.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif  yang menggambarkan tentang komitmen mutu pelayanan yang dilakukan di Puskesmas untuk meningkatkan capaian akreditasi pada era pandemi Covid-19. Tehnik sumber data yang digunakan adalah tehnik wawancara dengan beberapa informan yaitu informan kunci dan informan pendukung.  Hasil penelitian Komitmen peningkatan mutu (akreditasi) terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas pada era pandemi dapat dinyatakan keterlibatan semua pihak yang memiliki komitmen dan sikap loyal dan dedikasi tinggi terhadap organisasi Puskesmas dalam mewujudkan kualitas mutu pelayanan kepada masyarakat secara berkelanjutan. Faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas pada era pandemi yang dapat mempengaruhi adalah kelayakan, kesiapan, kesinambungan, efektifitas, kemanjuran, efisiensi, penghormatan, keamanan, dan ketepatan waktu dalam pelayanan. Upaya untuk menjaga serta meningkatkan mutu (akreditasi) terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas pada era pandemi dapat dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Instrument Survey Akreditasi FKTP, 2016 yang di tuangkan dalam bentuk program Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) walaupun tidak semua program bisa dilaksanakan secara optimal.


Keywords


Komitmen Mutu Pelayanan, Kualitas Pelayanan, pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Agung, Gede A.A. (2009). Hubungan Kepemimpinan Transformasional, Kelelahan Emosional, Karakteristik Individu, Budaya Organisasi, Dan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasional Para Guru Di SMA Di Kota Denpasar. Disertasi tidak dipublikasikan. PPs Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang, Jawa Timur.

Allen, Natalie J and Meyer, John P. (1996). Affective, Continuance, and Normative Commitment to the Organization: An Examination of Construct Validity. Journal of Vocational Behavior, Vol. 49, 252-276.

Allen, Natalie J and Meyer, John P. (1996). The Measurement and Antecedents of Affective, Continuance and Normative Commitment to Organization. Journal of Occupational Psychology, Vol. 63.

Angle, H.L. Perry, J.L. (1981). An Empirical Assessment of Organizational Commitment and Organizational Effectiveness. Administrative Science Quartterly.26, 1-14.

De Conick, James B.Bachmann, Duane P. (1994). Organizational Commitment and Turnover Intentions of Marketing Manager. Journal of Applied Business Research.10, 3, p305 (13).

Farzana, N., Suparwati, A., Arso, S.P. (2016). Analisis Kesiapan Akreditasi Dasar Puskesmas Mangkang di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2016; 4(4):94-103.

Misnaniarti, dan Destari, Putri Kemala. (2018). Aspek Penting Akreditasi Puskesmas dalam Mendukung Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, Vol. 2, No. 1. Universitas Sriwijaya, Palembang.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and its Implications for Future Research. Journal of Marketing (fall):41-50.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol 64 (1) pp 12-37.

Puspitawati. (2013). Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional: Pengaruhnya terhadap Kualitas Layanan Hotel Bali Hyatt Sanur (tesis tidak dipublikasikan). Universitas Udayana, Denpasar.

Rahmulyono. (2008). Tesis “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas I Depok”. Sleman, Yogyakarta.

Shaw CD, Groene O, Botje D, Sunol R, Kutryba B, Klazinga N, et al. (2014). The Effect of Certification and Accreditation on Quality Management in 4 Clinical Services in 73 European Hospitals. International Journal for Quality in Health Care. 2014; 26(suppl_1):100-7.

Susilawati. (2017). Gambaran Implementasi Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Kota Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016. Jurnal JUMANTIK. 2017; 2(2):89-99.

Mualimin, M., Nadapdap, T. P. and Deli, D. (2020) ‘Relationship on Leadership Support with Nurser Compliance Identifying Patients in the Implementation of Patient Safety in Datu Beru Central Aceh Regional General Hospital’, Journal La Medihealtico, 1(6), pp. 28–37.

Mulyadi, D. (2016) ‘Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti Untuk Pelayanan Publik’. Alfabeta.

Rezha, F. (2013) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kota Depok)’, Jurnal Administrasi Publik, 1(5), pp. 981–990.

Setijaningrum, E. (2009) ‘lnovasi Pelayanan Publik’. PT. Medika Aksara Globalindo.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i2.1244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats