EKSPANSI PASAR PERBANKAN SYARIAH DALAM BIDANG INDUSTRI HALAL (STUDI KASUS: BANK NAGARI SYARIAH KANTOR CABANG SOLOK)

Elfadhli Elfadhli, Alber Tanjung, Alber Tanjung, Fatimah Setia Wardhani, Fatimah Setia Wardhani, fitri yenti, fitri yenti

Abstract


Indonesia has the most Muslim population in the world. This encourages Indonesian people to choose to live in sharia. Sharia is very closely related to the halal industri. One area that has opportunities to develop the halal industry is Solok City, West Sumatra. Seeing the potential of the halal industry in Solok City, there is a need for optimal utilization by Islamic banking institutions, namely Bank Nagari Syariah, Branch Office of Solok. The halal industry must be developed in all sectors, but the sharia market share  is not yet wide. The halal industry must be able to encourage the share of the Islamic banking market to develop a wider range of Islamic goods and services. Bank Nagari Syariah Solok Branch Office can encourage the halal industry in Solok City. With the enthusiasm of the community to run the sharia system, encouraging Bank Nagari Syariah, Solok Branch Office to provide financing to develop the halal industry.


Keywords


market expansion, market share , product innovation, halal industry

Full Text:

PDF

References


Gunara, T. 2007. Marketing Muhammad "Strategi Handal dan Jitu Praktik Bisnis Nabi Muhammad SAW. Bandung: Masania Prima.

Indriati, H. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inovasi Produk Perbankan Syariah Di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.

https://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-ekspansi/

https://halal2us.com/potensi-sektor-industri-halal-di-indonesia/

https://hermansyahkahir.wordpress.com

https://www.infosumbar.net/berita/berita-sumbar/selamat-sumbar-menjadi-destinasi-wisata-halal-2016/

https://keuangan.kontan.co.id/news/alhamdulillah-usai-28-tahun-akhirnya-pangsa-pasar-perbankan-syariah-tembus-6

https://m.liputan6.com/5-wisata-halal-indonesia-yang-telah-diakui-terbaik-di-dunia

https://slideshare.net State of The Global Islamic Economy Report 2019/2020

info.solokkota.go.id

State of the Global Islamic Economy, 2018

www.id.m.wikipedia.org

www.ojk.go.id Statistik Perbankan Syariah – Mei 2020

Amir, T. (2011). Manajemen Strategik (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Amstrong, K. d. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Apriyanti, H. W. (2018). Model Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 83-104.

Ascarya. (2011). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Asmoro, W. P. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Market share Bank Syariah Di Indonesia. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. 2019. Berita Resmi Statistik: Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Sumatera Barat. Padang. https://sumbar.bps.go.id. Diakses pada tanggal 12 Februari 2020.

BPJPH, K. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. Retrieved November 30, 2019, from Kepala BPJPH Sosialisasikan UU JPH pada Pelaku Usaha: www.kemenag.go.id

Dokumen Bank Nagari Syariah KC Solok 2020.

Fuad, M. (2000). Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.

Global Religious Futures. 2019. Jumlah Penduduk Muslim di Indonesia. www.globalreligousfutures.org. Diakses pada tanggal 11 Desember 2019.

Gunara, T. (2007). Marketing Muhammad "Strategi Handal dan Jitu Praktik Bisnis Nabi Muhammad SAW. Bandung: Masania Prima.

Hendryadi, S. d. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

https://hermansyahkahir.wordpress.com

http://info.solokkota.go.id

https://m.liputan6.com/5-wisata-halal-indonesia-yang-telah-diakui-terbaik-di-dunia

https://pariwisata.padang.go.id

http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/59834/Chapter%20II.pdf

https://sumbar.travel

https://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-ekspansi/

https://www.infosumbar.net/berita/berita-sumbar/selamat-sumbar-menjadi-destinasi-wisata-halal-2016/

https://www.google.com/amp/s/padangmedia.com/hut-bank-nagari-ke-58-perkuat-layanan-digital-banking-konversi-ke-bank-nagari-syariah/amp/

Indonesia Muslim Travel Index 2019.

Indriati, H. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inovasi Produk Perbankan Syariah Di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.

Iska, S. (2012). Sistem Perbankan Syariah di Indonesia. Yogyakarta: Fajar Media Press.

Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Kahir, H. 2015. Mendongkrak Market share Bank Syariah. https://hermansyahkahir.wordpress.com/2015/11/04/mendongkrak-market-share-bank-syariah/ diakses pada tanggal 13 Februari 2020.

Kasmir. (2004). Pemasaran Bank Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Kementerian Pariwisata RI. 2019. Siaran Pers: Devisa Sektor Pariwisata. Jakarta. https://kemenpar.go.id. Diakses pada 12 Februari 2019.

Lina, F.Z. 2014. Strategi Meningkatkan Pangsa Pasar Perbankan Syariah di Indonesia dengan Leverage Model Strategy. Program Studi Keuangan Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia Indonesia Islamic Economic Masterplan 2019-2024

Masulah, S. (2014). Strategi Pengembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Akuntansi UNESA, 2, 2.

Mazaya. (2018, September 27). Jurnal Islam. Retrieved Desember 1, 2019, from Pangsa Pasar Bank Syariah Masih Jauh Di Bawah Konvensional: www.jurnalislam.com

Moleong, L. J. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, A. (2018). Analisis Potensi Industri Halal Bagi Pelaku Usaha Di Indonesia. Ejournal Kopertais IV, 1.

Otoritas Jasa Keuangan. 2019. Statistik Perbankan Syariah-Februari 2020. Jakarta.

Pangsa Pasar : Pengertian, Cara Menghitung & Strategi Meningkatkannya. (2019, Desember 18). Retrieved Januari 7, 2020, from jurnalmanajemen.com: https://jurnalmanajemen.com/pangsa-pasar/

Razak, M. A. (2015). Kewirausahaan Teori dan Aplikasi, Strategi Membangun Kerajaan Bisnis. Jakarta: MAGNAScript Publishinh.

Rofiaty. (2012). Inovasi dan Kinerja: Knowledge Sharing Behaviour Pada UKM. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Rozalinda, N. d. (2019, Januari-Juni). Industri Halal di Sumatera Barat: Potensi, Peluang dan Tantangan. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(1), 47.

Rukmana, A. M. (2010). Bank Syariah: Teori, Kebijakan, dan Studi Empiris di Indonesia. Bandung: Erlangga.

S.E, I. (2015). Akuntansi Penghimpunan Dana Bank Syariah. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Sa'diah, S. R. (2020, Mei 28). Struktur Organisasi Bank Nagari Syariah KC Solok. (A. Tanjung, Interviewer)

Sholihin, A. I. (2010). Buku Pintar Ekonomi Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

State of The Global Islamic Economy Report. 2019/2020. https://ceif.iba.edu.pk. Diakses pada tanggal 11 Februari 2020.

Suangkupon, A. (2014). Direktorat Produk Kredit dan Tabungan Perbankan: Se-Kalimantan Tengah Tahun 2014. Kalimantan Tengah: Unit Akses Keuangan dan UMKM KPwBI Prov. Kalteng.

Subagyo, A. (2007). Studi Kelayakan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sumar'in. (2012). Konsep Kelembagaan Bank Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, C. V. (2019, Mei 13). Tantangan dan Peluang Indonesia Sebagai Industri Halal Terbesar di Dunia. Retrieved November 30, 2019, from Kompasiana: www.kompasiana.com

Undang-Undang No. 21 Tahun 2008.

Waluyo, A. (2016). Kepatuhan Bank Syariah Terhadap Fatwa Dewan Syariah Nasional Pasca Transformasi Ke Dalam Hukum Positif. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(2), 517-38.

Yusmad, M. A. (2018). Aspek Hukum Perbankan Syariah Dari Teori ke Praktik. Yogyakarta: CV Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i3.1291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats