ANALISIS YURIDIS TERHADAP DAMPAK VIRUS CORONA/COVID-19 BAGI PELAYANAN PESERTA BPJS OLEH PIHAK RUMAH SAKIT UMUM DI KABUPATEN BURU
Abstract
Kesehatan adalah kebutuhan primer manusia untuk menjalankan fungsi dan peranannya sehingga mampu memperoleh kesejahteraan, dan menjadi hak bagi setiap warga Negara. Rumah sakit sesuai dengan fungsinya (melaksanakan pelayanan medis, dan pelayanan penunjang medis) berkewajiban mengupayakan, menyediakan, dan menyelenggarakan pelayanan bermutu dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang berkulitas. Jaminan sosial berupa penanggulangan kesehatan bagi masyarakat diimplementasikan dalam bentuk program JKN yang akan diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Charles J.P.Siregar, 2003, Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapan, Buku Kedokteran EGC, Jakarta.
Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Endang Kusuma Astuti, 2009, Transaksi Terapeutik Dalam Upaya Pelayanan Medis Di Rumah Sakit, Citra Aditya Bakti, Bandung
Hermien Hadiati Koeswadji, 1998, Hukum Kedokteran, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.
Peter Mahmud Marzuki, 2006, Penelitian Hukum, Kencana Prenada Media Group, Jakarta
Ronny Hanitijo Soemitro, 2009, Metedelogi penlitian hukum dan Jurimetri, Ghalia Indonesia, Jakarta
S oerjono Soekanto dan Sri Mamudji, 2006, Penelitian Hukum Normatif; Suatu Tinjaun Singkat, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta
Titik Triwulan dan Shinta Febrina,2010, Perlindungan Hukum bagi Pasien, Prestasi Pustaka, Jakarta
Willa Candrawila, 2004, Hukum Kedokteran ,Mandar Maju, Bandung.
Yasir Arafa , 2001, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dan Perubahannya Ke I, II, III, dan IV, Permata Press.
Jurnal
Ika Widiastuti, “Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Jawa Barat” Jurnal Ilmiah WIDYA, Volume 4 Nomor 1 Januari¬Juli 2017 , Universitas Krisnadwipayana Jakarta, https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/public-inspiration/article/view/801
ODI SUPANDRI, OTNIEL KETAREN, LIA ROSA VERONIKA, “Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Rawat Inap Di Rumah Sakit Muhammadiyah Medan Tahun 2019” Jurnal Ilmia Simantek, Vol. 3 No. 3. 2019, Universitas Sari Mutiara, Medan, http://download.garuda.ristekdikti.go.id
Solechan, “Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sebagai Pelayanan Publik”. Adminitrative Law & Governance Journal. Volume 2 Issue 4, 2019, Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/alj/issue/view/461
Trisna Widada, “Peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Masyarakat (Studi di RSUD Hasanuddin Damrah Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu)” JURNAL KETAHANAN NASIONAL Vol.23, No.2, 2017, Kodam XIV/Hasanuddin, hal. 201, DOI:http://dx.doi.org/10.22146/jkn.26388
Undang-Undang
Undang-Undang Nomor 44tahun 2009 tentang Rumah Sakit.
Undang-Undang Nomor. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyeleggara Jaminan Sosial Kesehatan.
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Kesehatan.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i6.1448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats