STRATEGI PENGEMBANGAN CORPORATE UNIVERSITY DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS: BADAN DIKLAT DIY)

Wuryani Wuryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY dalam mentransformasikan diri menjadi corporate university dan merumuskan strategi pengembangannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY menghadapi tantangan yang cukup berat untuk merubah dirinya menjadi Corporate University Pemerintah Daerah DIY, karena kondisi ketiga variabel, yaitu kebijakan, sumber daya manusia, dan infrastruktur tidak ada satupun yang dianggap mendukung oleh para informan. Tantangan terberat adalah ketersediaan sarana dan prasarana teknologi informasi yang merupakan syarat mutlak bagi terwujudnya proses pengembangan kompetensi yang fleksibel, sebagai salah satu ciri utama corporate university. Penelitian ini penting bagi pemerintah daerah yang akan mengembangkan lembaga pelatihannya menjadi corporate university untuk mendukung proses pengembangan kompetensi ASN di lingkungannya sekaligus memenuhi hak pengembangan kompetensi setiap ASN selama 20 jam pelajaran per tahun.  


Keywords


Corporate University, Pengembangan Kompetensi, Sumber Daya Manusia

Full Text:

PDF

References


Simangunsong, F., & Hutasoit, I. (2018). Implementing Roadmap Model Ahead Indonesian Bureaucratic Reform Through Quick Wins Method. Academy of Strategic Management Journal, S. 6.

Sartika, D. (2018). Corporate University, Apa Itu? Samarinda: Prokal.

Kementrian Keuangan RI. (25. Februari 2017). https://bppk.kemenkeu.go.id. dalam https://bppk.kemenkeu.go.id/id/berita-ku/23625-kementerian-keuangan-corporate-university diunduh tanggal 30 Juni 2019.

Yuniarto, A., Hubeis, A. V., & Sukmawati, A. (September 2019). Faktor-Faktor Kunci Kesuksesan Implementasi Corporate University. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, S. 466-477.

Astimen. (2013). Allianz Indonesia Corporate University. dalam https://indocorpu.wordpress.com/allianz-indonesia-corporate-university/ diunduh tanggal 9 November 2020.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat. (2018). e-Prosiding Seminar Nasional: Inovasi Menuju Corporate University. Jurnal Inspirasi. Cimahi: BPSDM Provinsi Jawa Barat.

Sidabutar, V. T. (28. Mei 2020). Kajian Penerapan Corporate University dalam Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, S. 255-270.

Sari, D. P., & Diawati, P. (2017). Pengaruh Pelatihan Karyawan Terhadap Pengembangan Karier Karyawan Di PT. Telkom Corporate University Bandung. ejurnal.poltekes.ac.id.

Hussein, R. C., Said, L. R., & Rahmawati, R. (Juni 2016). Pengaruh Partisipasi Karyawan pada Pelatihan PLN Corporate University terhadap Kompetensi dan Kinerja Karyawan. Jurnal Wawasan Manajemen, S. 139-151.

Antonacopoulou, E. P. (2002). Corporate Universities: The Domestication of Management Education. In C. Wankel, & B. DeFillippi, Rethinking Management Education for the 21st. Century. New York: Information Age Press.

Alagarajaa, M., & Li, J. (2015). Utilizing institutional perspectives to investigate the emergence, rise, and (relative) decline of corporate university. Human Resource Development International, S. 4-23.

Thoyibi, S. (Desember 2018). Peluang dan Tantangan Transformasi Entitas Fungsi Kediklatan di Pemerintah Kabupaten/Kota Menjadi Corporate University. Studi Kasus: BKPSDM Kabupaten Ciamis. Jurnal Inspirasi, S. 126-129.

Kementrian Reformasi Birokrasi dan RB. (11. November 2020). https://www.menpan.go.id. dalam https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/jawa-barat-jadi-contoh-corporate-university-ubah-paradigma-pendidikan-asn diunduh tanggal 14 November 2020.

Firdaus, L., Kasiarudin, K., Sfafri, I., & Karim, F. Q. (13. Desember 2018). Transformasi BPSDM Indonesia Menuju Corporate University. Jurnal Inspirasi, S. 35-44.

Guerci, M., Bartezzaghi, E., & Solari, L. (2010). Training evaluation in Italian corporate universities: a stakeholder-based analysis. International Journal of Training and Development , S. 291-308.

Murti, K. (30. Mei 2005). Membangun Learning Organization: Mau Berbagi (2). Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Antonelli, G., Cappiello, G., & Pedrini, G. (7. Februari 2013). The Corporate University in the European utility industries. Unitilities Policy, S. 33-41.

Patrucco, A. S., Pellizzoni, E., & Buganza, T. (6. Maret 2017). The Design Process of Corporate Universities: a Stakeholder Approach. Journal of Workplace Learning, S. 304-318.

Rhéaume, L., & Gardoni, M. (16. November 2014). The challenges facing corporate universities in dealing with open innovation. Journal of Workplace Learning, S. 315-328.

Prince, C., & Beaver, G. (May 2001). The Rise and Rise of the Corporate University: the emerging corporate learning agenda. The International Journal of Management Education, S. 17-26.

Rustiny, E. (Desember 2018). Penerapan BLUD dalam Transformasi Lembaga Diklat Menjadi Corporate University. Jurnal Inspirasi, S. 2-11.

Yuliani, D. (Desember 2018). BPSDM Jawa Barat Menuju Corporate University: Sebuah Inventarisasi Awal. Jurnal Inspirasi, S. 20-27)

Baporikar, N. (Januari 2015). Role of Corporate Universities in Higher Education. International Journal of Applied Management Sciences and Engineering, S. 30-43.

Baporikar, N. (Januari 2014). Corporate university edification in knowledge society. International Journal of Strategic Change Management , S. 125-138.

Nugrahani, Farida. (2014). Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Surakarta.

Hayati, R. (25. Mei 2019). Pengertian Penelitian Terapan, Macam, Ciri, dan Cara Menulisnya. dalam https://penelitianilmiah.com/penelitian-terapan/ diunduh tanggal 17 November 2020.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i6.1458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats