PENGARUH TESTIMONIAL REVIEW CELEBRITY ENDORSER TASYA FARASYA TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE WHITELAB (Analisis Regresi Terhadap Followers Akun Instagram @Tasyafarasya)

Anisya Octaviani Dewi, Kusrin Kusrin, Weni A. Arindawati

Abstract


Dalam memilih sesuatu, konsumen kadang memiliki keragu-raguan dalam membeli, Sebagai salah satu strategi promosi di media sosial, testimonial oleh Celebrity endorser cukup sering digunakan dalam pemasaran, manusia biasanya cenderung meniru apa yang dilakukan oleh seseorang yang lebih dari dirinya apalagi yang memiliki kredibilitas tinggi. Testimonial oleh Celebrity endorser ini digunakan untuk menarik konsumen agar membeli produk dan mengurangi keragu-raguan khalayak akan produk. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh testimonial celebrity endorser Tasya Farasya yang terdiri dari pengakuan, kredibilitas dan rekomendasi terhadap minat beli skincare Whitelab. Metodologi penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dimana populasi penelitian ini adalah Followers Instagram @Tasyafarasya dengan sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner online. Hasil analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi program SPSS versi 26 for windows diperoleh persamaan Y= -0,140 +0,110 X1 +0,296 X2 +0,057 X3. Hasil uji Hipotesis yang dilakukan melalui uji F (simultan) diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai FHitung 8,165 > 2,70 FTabel, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh variabel X Testimonial Review [(X1)Pengakuan, (X2)Kredibilitas, dan (X3)Rekomendasi] secara simultan terhadap variabel Y minat beli produk skincare Whitelab pada Followers akun Instagram @Tasyafarasya. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 20,3%, membuktikan adanya pengaruh Testimonial Review sebesar 20,3%.


Keywords


Media Sosial, Testimonial, Celebrity endorser.

Full Text:

PDF

References


Sandi, Ferry. 2020. “Ekspor Tembus Rp 4,4 T, Industri Kosmetik & Farmasi RI Cuan.” CNCB Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200803095618-4-177010/ekspor-tembus-rp-44-t-industri-kosmetik-farmasi-ri-cuan (December 19, 2020).

Untari, Dewi, and Dewi Endah Fajariana. 2018. “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik).” Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen 2(2): 271–78.

Lee, Monle, and Carla Johnson. 2020. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Awallia, Diah Lailatul. 2018. “Pengaruh Testimoni Dan Selebgram Endorsement Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponogoro.” Skripsi.

Zahra, R. Ratika, and Nofha Rina. 2018. “Pengaruh Celebrity endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit Di Kota Bandung.” Jurnal Lontar Vol.6: 43–57.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. England: Pearson Education Limited.

Sholihah, Afiffatus. 2018. Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Produk Teh Thailand Pikameame Di Yogyakarta). Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pratiwi, Andi Lina. 2016. Pengaruh Penggunaan Celebrity endorser Terhadap Minat Beli Penggunaan Media Sosial Instagram (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi). Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Noviana, Erly. 2020. “Pengaruh Celebrity endorser Terhadap Minat Beli Produk Skincare ‘“Ms.Glow.”’” Univrsitas Sumetera Utara.

Syifa, Ahmad, Budi Heryanto, and Sri Rochani. 2018. “Pengaruh Testimonial Dan Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Toko Online Shop LA Florist).” JIMEK 1 Nomor 1: 19–33.

Silvia, Cindy, and Nur Atnan. 2019. “Pengaruh Testimonial Review Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Bandung (Studi Pada Produk Freeman Dalam Video Suhay Salim).” e-Proceeding of Management 6 No.1: 1714–21.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komuniaksi Organisasi, Komuniaksi Pemasaran. 1st ed. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Stephanie, Elysia. 2013. “Pengaruh Kredibilitas Endorser Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Atas Iklan Pada Produk Shampo L’OREAL di Surabaya”. Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.2 : 1-21.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i8.1534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats