PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE SOSIO-EMOSIONAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BADRAIN

Dahlan Adnan

Abstract


Tujuan penelitian diadakannya penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang penerapan metode sosio-emosional untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 2 Badrain. Subjek penelitian ini adalah kemampuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia  di SDN 2 Badrain Kecamatan Narmada  Kabupaten Lombok Barat. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan bahwa kelas VI prestasi belajarnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia  masih sangat rendah. Siswa merasa kesulitan dalam belajar sehingga siswa kurang respon terhadap pembelajaran di kelas.  Jumlah siswa yang menjadi responden dalam penelitian ini secara keseluruhan dapat disajikan bahwa: subjek penelitian dilakukan di SDN 2 Badrain kelas VI dengan  jumlah 35 orang (P = 19 orang dan L = 16 orang ). Dalam pelaksanaan tindakan, rancangan dilakukan dalam 2 siklus yang meliputi ; (a) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama 3 siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : Pembelajaran dengan menggunakan metode sosio-emosional dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 2 Badrain mata pelajaran Bahasa Indonesia  yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu; 62,68% menjadi 77,14% meningkat menjadi 97,14% pada siklus III. Pembelajaran dengan menerapkan metode sosio-emosional pada pelajaran Bahasa Indonesia  mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Metode Sosio-Emosional, Hasil belajar, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Antok. 2010. Definisi Sosial. http://www.scribd.com/doc/25829749/DEFINISI-SOSIAL (diakses 19 Agustus 2010).

Bungin, Burhan. 2006. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi Presentasi Dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa Dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora. Bandung : Pustaka Setia.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 : Standar Kompetensi Mata Pelajaran Agama Hindu SD. Jakarta : Depdiknas.

Djamarah, Bahri, Syaiful dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Gulo, W. 2004. Metodelogi Penelitian. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hatimah, Ihat. 2000. Strategi Dan Metode Pembelajaran. Bandung : Andira.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Miles, B Matthew dan Huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong, Lexy, J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Rachman. M. 1997. Manajemen Kelas. Semarang : Depdikbud.

Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Surabaya : Unesa University Press.

Sardiman, A.M. 1992. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktok-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana,Nana.(2002).Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i3.174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats