PELATIHAN GURU SD NEGERI 2 JEMBATAN KEMBAR TIMUR DALAM MENGATASI KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL DITINJAU DARI OBJEK MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Nurlaila Nurlaila

Abstract


Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Pelatihan Guru SD Negeri 2 Jembatan Kembar Timur dalam mengatasi kesalahan menyelesaikan soal ditinjau dari objek matematika pada materi bilangan Tahun Pembelajaran  2018/2019. Dalam pelaksanaan tindakan,rancangan dilakukan dalam 3 siklus yang meliputi ; (a) perencanaan,(2) tindakan,(3) pengamatan,(4) refleksi.       Dari hasil kegiatan pelatihan  yang telah dilakukan selama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : a). Terjadi peningkatan nilai rata-rata kompetensi guru setelah diberi tindakan yaitu  64,50  menjadi 71,75   ada kenaikan sebesar = 7,25; 2). Dari tindakan ( siklus 1 ) dan setelah tindakan sampai dengan ( siklus 3 ) 64,50  menjadi 71,75, dan dari  ( siklus 2 ) ke  ( siklus  3)  juga ada peningkatan  sebanyak 80,63  -  71,75  = 8,88 %; c) Persentase ketuntasan guru mengikuti pelatihan dari siklus I sebesar 37,50 %  naik 75,00 % dan naik   menjadi 100%. Maka pelatihan guru SD Negeri 2 Jembatan Kembar Timur dalam mengatasi kesalahan menyelesaikan soal ditinjau dari objek matematika pada materi bilangan tahun pembelajaran  2018/2019, dikatakan tuntas Dengan demikian maka hipotesis yang diajukan dapat diterima.


Keywords


Pelatihan, Kesalaha, Objek Matematika

Full Text:

PDF

References


Fitria, T. N. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris pada Materi Persamaaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Mathedunesa. [Online]. Vol.2, No.1, 4.

Haryono, H dan Hadi, Amirul. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Manibuy, R. M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi

Solo Kelas X SMAN 1 Plus Nabire Papua. Jurnal Elekronik Pembelajaran Matematika, November 2014. Vol. 2 No. 9, 935.

Rahmania, L. dan Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel . Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2, 167-168.

Sahriah, S. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 , 2.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suroto. (2013). Identifikasi Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 1. Jurnal. STKIP PGRI Sidoarjo.

Turmuzi, M. (2016a). Strategi Pembelajaran Matematika. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Turmuzi, M. (2016b). Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar Matematika. Mataram: Universitas Mataram.

Wahjosumidjo,2002.Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Kepala Sekolah Tentang Dimensi Kompetensi Manajerial. Jakarta :Dirjen PMPTK Depdiknas.

Yusuf, A. M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i4.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats