PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN METODE PERMAINAN HOMPIMPA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SDN 3 NARMADA MEMBACA JAM TERUTAMA NOTASI 24 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Rubaiyah Rubaiyah

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah : 1. Untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas V SDN 3 Narmada Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat   terhadap materi pelajaran Matematika terutama dalam membaca jam notasi 24; 2. Meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui refleksi diri terhadap kekurangan/kelemahan terhadap sistem pembelajaran yang telah dilaksanakan; 3. Mendeskripsikan tentang metode permainan hompimpa dalam mata pelajaran Matematika untuk mengoptimalkan kemampuan membaca jam notasi 24. Desain prosedur perbaikan pembelajaran yang akan dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan membaca jam terutama notasi 24  pada siswa kelas V yaitu dengan metode permainan hompimpa. Desain prosedur perbaikan pembelajaran ini dilakukan melalui 3 (tiga) siklus. Adapun desain penelitiannya sebagai berikut: Proses pelaksanaan tindakan perbaikan dilakukan melalui dua tahap secara berdaur ulang (dalam 2 siklus) yang meliputi (perencanaan, pelaksanaan,  observasi  dan refleksi). Dari hasil kegiatan melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas di kelas V SDN 3 Narmada Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat dapat ditarik kesimpulan yaitu : a). Dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru hendaknya dapat menggunakan berbagai metode yang ada sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampiakan  agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara adalah dengan mengefektifkan penggunaan metode permainan hompimpa karena siswa berpeluang untuk menemukan sendiri cara-cara memecahkan berbagai masalah yang dialami; b). Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus. Ketuntasan belajar siswa dari  siklus I ke siklus II, mengalami peningkatan dari 16,6% menjadi 86,6% dan menjadi 100 % pada siklus III, Dengan demikian upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 3 Narmada Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat  dengan metode permainan hompimpa telah berhasil.


Keywords


Hompimpa, Pretasi Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Agus Taufik, 2004, Teori-teori Belajar dan Implikasinya dalam Pembelajaran (pendidikan Anak SD). Unversitas Terbuka. Jakarta

Andayani, dkk, 2009, Pemantapan Kemampuan Propesional. Unversitas Terbuka. Jakarta

Din Wahyudi, dkk, 2007, Pengantar Pendidikan. Universitas Terbuka. Jakarta

Eni Pujiastuti, 2004, Fasilitator. Depdiknas. Jakarta

Gatot Mahsetyo, dkk, 2009. Pembelajaran Matematika SD. Universitas Terbuka. Jakarta

Hera Lestari Mikarsa, dkk, 2009, Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka. Jakarta

Hompimpa id. wikivedia.org/ wiki/ Hompimpa

I.G.A.K Wardani, dkk, 2007, Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Universitas Terbuka. Jakarta

Metode Permainan dalam pembelajaran.http : // belajar psikologi.com/

Mulyana Sumantri, Nana Syaodih, 2005, Perkembangan Peserta Didik. Unversitas Terbuka. Jakarta

Wardani, I.G.A.K, Kuswaya,W, Noehi Nasution, 2004, Penelitian Tindakan Kelas. Unversitas Terbuka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i4.179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats