PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN METODE PERMAINAN HOMPIMPA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SDN 3 NARMADA MEMBACA JAM TERUTAMA NOTASI 24 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah : 1. Untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas V SDN 3 Narmada Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat terhadap materi pelajaran Matematika terutama dalam membaca jam notasi 24; 2. Meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui refleksi diri terhadap kekurangan/kelemahan terhadap sistem pembelajaran yang telah dilaksanakan; 3. Mendeskripsikan tentang metode permainan hompimpa dalam mata pelajaran Matematika untuk mengoptimalkan kemampuan membaca jam notasi 24. Desain prosedur perbaikan pembelajaran yang akan dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan membaca jam terutama notasi 24 pada siswa kelas V yaitu dengan metode permainan hompimpa. Desain prosedur perbaikan pembelajaran ini dilakukan melalui 3 (tiga) siklus. Adapun desain penelitiannya sebagai berikut: Proses pelaksanaan tindakan perbaikan dilakukan melalui dua tahap secara berdaur ulang (dalam 2 siklus) yang meliputi (perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi). Dari hasil kegiatan melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas di kelas V SDN 3 Narmada Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat dapat ditarik kesimpulan yaitu : a). Dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru hendaknya dapat menggunakan berbagai metode yang ada sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampiakan agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara adalah dengan mengefektifkan penggunaan metode permainan hompimpa karena siswa berpeluang untuk menemukan sendiri cara-cara memecahkan berbagai masalah yang dialami; b). Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus. Ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II, mengalami peningkatan dari 16,6% menjadi 86,6% dan menjadi 100 % pada siklus III, Dengan demikian upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 3 Narmada Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat dengan metode permainan hompimpa telah berhasil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Taufik, 2004, Teori-teori Belajar dan Implikasinya dalam Pembelajaran (pendidikan Anak SD). Unversitas Terbuka. Jakarta
Andayani, dkk, 2009, Pemantapan Kemampuan Propesional. Unversitas Terbuka. Jakarta
Din Wahyudi, dkk, 2007, Pengantar Pendidikan. Universitas Terbuka. Jakarta
Eni Pujiastuti, 2004, Fasilitator. Depdiknas. Jakarta
Gatot Mahsetyo, dkk, 2009. Pembelajaran Matematika SD. Universitas Terbuka. Jakarta
Hera Lestari Mikarsa, dkk, 2009, Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka. Jakarta
Hompimpa id. wikivedia.org/ wiki/ Hompimpa
I.G.A.K Wardani, dkk, 2007, Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Universitas Terbuka. Jakarta
Metode Permainan dalam pembelajaran.http : // belajar psikologi.com/
Mulyana Sumantri, Nana Syaodih, 2005, Perkembangan Peserta Didik. Unversitas Terbuka. Jakarta
Wardani, I.G.A.K, Kuswaya,W, Noehi Nasution, 2004, Penelitian Tindakan Kelas. Unversitas Terbuka. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i4.179
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats