PENGUATAN ENGLISH SPEAKING SKILL MAHASISWA PROGRAM STUDI STRATA SATU (S1) SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM
Primus Gadu, Mahsun Mahsun
Abstract
Di era kompetisi global ketenagakerjaan sektor pariwisata sekarang ini peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja merupakan suatu keharusan. Adanya tuntutan dunia kerja dimana tenaga kerja tidak hanya membutuhkan orang-orang pintar (clever), namun yang lebih penting adalah orang cendikia (smart,hospitable, inovative, sensitive, creative and productive). Salah satu upaya yang dapat dijadikan solusi yaitu dengan melakukan pelatihan bahasa Inggris Praktis dengan menggunakan modifikasi model pelatihan berbasis “Atraktif,Aktif, Interaktif dan Komunikatif”. Model pelatihan bahasa Inggris ini digunakan karena: (1) model ini merupakan suatu bentuk inovasi yang terbaru dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, (2) kegiatan berbicara merupakan penguat pemerolehan kosa kata baru, tata bahasa, ketepatan berbicara, dan bahasa secara fungsional (accuracy on using appropriate vocabulary), (3) memberi kesempatan kepada peserta pelatihan untuk menjaga kualitas komunikasi (quality of communication) dari bahasa yang dipelajari, (4) memberi kesempatan kepada perserta pelatihan untuk lebih lancar dalam berbicara (speed or the flow of speech), (5) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih tepat dalam pengucapan/pelafalan bahasa Inggris (appropriate pronouncation).
Keywords
Keterampilan berbicara, recorded conversation, Bahasa Inggris Praktis, Mahasiswa STP Mataram.
Dashwood, A. 2005. “Alternatives to Questioning: Teacher Role in Classroom Discussion” Volume 7: ASIAN Journal.
Harsono, B. 2006. The Introduction to The Newest International System. Jakarta: Oxford Course Indonesia.
Pratiwi Yudha Eka Ayu Ida. 2012. Keterampilan Berbicara Dengan Metode Debat Plus dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas XI IPA SMA Pariwisata Kertawisata Denpasar.Thesis. Program Pascasarjana Universitas Udayana. Denpasar Bali
Sirin Nunn. R. 2005. “Competence and Teaching English as An International Language” Volume 7: ASIAN EFL Journal.
Widiputera, 2014. Model-Model Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Inovatif Untuk Anak Usia Dini. Puslitjaknov, Balitbang, Kemdiknas
____________________________________________ MEDIA BINA ILMIAH ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online) Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com