PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX-6 SMPN 1 PUJUT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

nuramin nuramin

Abstract


Tujuan untuk mengetahui sejauh mana meningkatnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran cooperatif integrated reading and composition (CIRC) berbasis inquiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMPN 1 Pujut dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil belajar siswa pada siklus I skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 10,84 dengan kategori aktif, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,25 dan prosentase ketuntasannya 79%. Pada siklus II skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 12,68 dengan kategori  aktif, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa 75,8 dan prosentase ketuntasannya 88%. Disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbasis inquiry pada pelajaran matematika kelas IX-6 di SMPN 1 Pujut tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Keywords


CIRC, Inquiry, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Corebima., Al-idrus A. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Modul Diklat Sertifikasi Guru). Mataram: UNIVERSITAS MATARAM.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Banjarmasin: PT RINEKA CIPTA.

Hamalik, U. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Bumi aksara.

Hanafiah, Nanang, dkk. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia.

Mahfiroh. 2009. Strategi Pembelajaran Efektif. Semarang : PT Sindur Pres

Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Surabaya: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik (Konsep, Landasan Teoritis – Praktis dan Implementasinya. Surabaya: PRESTASI PUSTAKA.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i6.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats