KOLABORASI PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER DAN SUPERVISI AKADEMIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN KETRAMPILAN GURU MENYUSUN ADMINISTRASI DI SDN 2 BUWUN SEJATI KEC. NARMADA TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Kasimun Kasimun

Abstract


Mengajar bukanlah menyelesaikan satu buku, tetapi membantu siswa mencapai kompetensi. Oleh karena itu, hendaknya guru menggunakan banyak sumber materi. Bagi guru, sumber utama untuk mendapatkan materi pembelajaran adalah buku teks dan buku penunjang yang lain. Namun masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih atau menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi.Tujuan dari penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru dalam memanfaatkan bahan ajar.Dalam penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru  dengan mencapai standar ideal. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan diskusi dapat disimpulkan sebagai berikut : Bahwa pembinaan melalui Supervisia Akademis Kepala Sekolah memiliki dampak positif dalam meningkatkan ketrampilan guru, hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman guru terhadap pembinaan yang disampaikan kepala sekolah ( Ketrampilan menyusun administrasi pembelajaran meningkat dari siklus I, II, dan II ) yaitu masing-masing 42,86  % ; 71,07 % ;98,86 % secara kelompok dikatakan tuntas/meningkat karena sudah mencapai ketuntasan. serta dapat mengorganisasikan sekolah kearah perubahan yang diinginkan telah mencapai  85 % ketercapaiannya, maka kinerja guru dalam menyusun administrasi pembelajaran dengan menerapkan pembinaan melalui supervisi akademis kepala sekolah tersebut dinyatakan efektif dan tuntas


Keywords


Media Komputer & Supervisi Akademis Administrasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto,Suharsimi,2007 Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : PT Bumi Akasara

Dirjen PMPTK.2009.Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Kepala Sekolah,Dimensi Kompetensi Supervisi.Jakarta: Dirjen PMPTK.

Hamalik, Oemar. (2004). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Martina.

Balitbang Depdiknas. (2006). Panduan Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Sudiyono, A. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Brookhart, Susan M. and Anthony, Nitko J.(2007). Educational Assesment of Student. Fifth edition. New Jersey: Meril Prentice Hall.

Poerwanti, E. (2001). Evaluasi pembelajaran, Modul Akta mengajar. UMM Press.

Purwanto.Ngalim.2004.Administrasi dan Supervisi Pendidikan.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

WJS Purwadarmito.(2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats