PENGEMBANGAN PARIWISATA KREATIF DI KAMPUNG BADUD DESA MARGACINTA KABUPATEN PANGANDARAN

Muhammad Iqbal Maulana, Moh. Sapari Dwi Hadian, Evi Novianti, Shandra Rama Panji Wulung

Abstract


Pariwisata kreatif di Kabupaten Pangandaran dapat dikatakan memiliki potensi, terutama Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu Destinasi Perwilayahan Nasional dalam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional. Oleh karena itu melalui penelitian ini, diharapkan dapat dilakukan pengembangan dari Kabupaten Pangandaran dari potensi-potensi yang dapat dikembangkan dalam pariwisata kreatif, untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualititaif. Data primer yang dibutuhkan dikumpulkan melalui kegiatan observasi kegiatan di kampung badud, serta wawancara terhadap pemangku kebijakan dan pelaku kampong badud. Sedangkan data sekunder telah dikumpulkan dari instansi-instansi terkait, website dan penelitian sebelumnya. Penelitian ini menemukan kesenian badud sangat asli dan memiliki kedudukan yang strategis di Kabupaten Pangandaran yang merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Barat. Pariwisata kreatif tidak hanya menjadi pembeda produk yang akan memberikan nilai tambah bagi para pelaku pariwisata tetapi juga menjadi upaya pelestarian budaya dengan adanya kegiatan aktif untuk memperkenalkan kesenian badud terutama bagi generasi muda

Keywords


Pariwisata Kreatif, Strategi Pengembangan & Badud

Full Text:

PDF

References


Ahmad Ab., 2018, Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Intensi Wisatawan Berkunjung Kembali Di Destinasi Sulawesi Selatan Tahun 2014. Sosiohumaniora, 20, (3), 207-214.

Creswell, J. w., 2007, Qualitative Inquiry And Research Design (2nd ed.). Thousan Oaks, London, New Delhi: SAGE Publication.

Hari Nalayani, Ni Nyoman Ayu (2016). Evaluasi Dan Strategi Pengembangan Desa Wisata Di Kabupaten Badung, Bali. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), (S.1.), ISSN 2502-8022.

L.Latifah & M.Damayanti., 2016, Pariwisata Kreatif Berbasis Industri Batik Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Lokal Kota Pekalongan. Tataloka, vol.18, no.1,pp. 11-26.

Ohridska-Olson, Rossitza Vassileva & Ivanov, Stanislav Hristov., 2010, Creative Tourism Business Model and Its Application in Bulgaria. Proceedings of the Black Sea Tourism Forum ‘Cultural Tourism – The Future of Bulgaria.

Sonjaya, T., 2019, Pengembangan Ekonomi Kreatif Sebagai Penggerak Industri Pariwisata. (22 Oktober 2019). www.kadinpangandaran.or.id.

Stipanovic, C., & Rudan, E., 2015, Creative Tourism In Destination Brand Identity. International Journal Vallis Aurea, 1 (1), 75-83

Suhendri, Ahmad & Aminy, Muhammad Habibullah., 2019, Strategi Pengembangan Pariwisata Untuk Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Lombok Timur, Jurnal Media Bina Ilmiah, Vol 14, no 4

UNESCO. 2006, Towards Sustainable Strategies for Creative Tourism. Retrieved from Santa Fe

Yin, R. K., 2009, Case study research: Design and methods (4th ed.). Thousand Oaks: SAGE Publications.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i5.388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats