PENGARUH WISATA PETUALANGAN TERHADAP KUNJUNGAN KEMBALI WISATAWAN DI PEGUNUNGAN JAWA BARAT

Fahry Ahmad, Thamrin Bhiwana Bachri, Haryadi Darmawa, Shandra Rama Panji Wulung, Muhammad Iqbal Katik Rajoendah

Abstract


Wisata petualangan, khususnya pendakian gunung, menjadi tren sebagai daya tarik wisata di Provinsi Jawa Barat. Jumlah wisatawan yang melakukan kegiatan pendakian gunung cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya. Penerapan strategi pengalaman wisatawan menjadi langkah yang dilakukan pengelola kawasan gunung di Jawa Bawat untuk mengetahui minat berkunjung kembali wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh wisata petualangan di pegunungan Jawa Barat terhadap minat kunjungan kembali melalui pengalaman wisatawan. Penelitian ini berlangsung selama kurun waktu kurang dari satu tahun dengan menggunakan metode cross sectional. Data penelitian merupakan data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi kepustakaan. Sebanyak 240 wisatawan yang pernah melakukan pendakian di pegunungan Jawa Barat menjadi menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa pengaruh wisata petualangan dan pengalaman wisatawan sebagai intervening mampu mempengaruhi minat kunjungan kembali wisatawan ke pegunungan di Jawa Barat secara signifikan, secara parsial dan simlutan. Pendakian menjadi pengalaman yang menarik bagi wisatawan sedangkan minat menjadi motivasi utama wisatawan untuk melakukan pendakian di pegunungan Jawa Barat.

Keywords


Jawa Barat, Minat kunjungan kembali, Pengalaman wisatawan & Jawa Barat

Full Text:

PDF

References


Parfet, B.; Buskin, R. Die Trying; American Management Assocation.: New York, 2009;

Pramezwary, A.; Rudyanto Kajian Literatur Wisata Petualangan. Hospitour 2012, 3, 241–282.

Buckley, R. Adventure Tourism Research: A Guide to the Literature. Tour. Recreat. Res. 2006, 31, 75–83.

Buckley, R. Adventure Tourism as a Research Tool in Non-Tourism Disciplines. Tour. Recreat. Res. 2014, 39, 39–49.

Quintal, V.A.; Polczynski, A. Factors influencing tourists’ revisit intentions. Asia Pac. J. Mark. Logist. 2010, 22, 554–578.

Baker, D.A.; Crompton, J.L. Quality, satisfaction and behavioral intentions. Ann. Tour. Res. 2000, 27, 785–804.

Um, S.; Chon, K.; Ro, Y. Antecedents of revisit intention. Ann. Tour. Res. 2006, 33, 1141–1158.

Chang, L. INFLUENCING FACTORS ON CREATIVE TOURISTS’ REVISITING INTENTIONS: THE ROLES OF MOTIVATION, EXPERIENCE AND PERCEIVED VALUE. Dissertation, Clemson University, 2013.

Stamboulis, Y.; Skayannis, P. Innovation strategies and technology for experience-based tourism. Tour. Manag. 2003, 24, 35–43.

Hinch, T.; Higham, J.E.S. Sport tourism development; Aspects of tourism; 2nd ed.; Channel View Publications: Bristol ; Buffalo, 2011; ISBN 978-1-84541-195-4.

Hinch, T.; Higham, J. Sport tourism development; Viva Books: New Delhi, 2006; ISBN 978-81-309-0178-7.

Sport tourism and sustainable destinations; Moyle, B.D., Hinch, T.D., Higham, J.E.S., Eds.; Routledge: London, 2018; ISBN 978-0-8153-8022-1.

Lee, M.; Cunningham, L.F. A cost/benefit approach to understanding service loyalty. J. Serv. Mark. 2001, 15, 113–130.

Adventure tourism: the new frontier; Swarbrooke, J., Ed.; Butterworth-Heinemann: Oxford ; Boston, 2003; ISBN 978-0-7506-5186-8.

Buckley, R. Adventure tourism management; Routledge: London, 2014; ISBN 978-1-85617-834-1.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i7.467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats