PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

Intan Rakhmawati, Yunita Sriningsih, Wirawan Suhaedi

Abstract


Sejak 2015, partisipasi masyarakat dalam pengawasan pengelolaan keuangan desa menjadi fokus KPK untuk Alokasi Dana Desa dan Dana Desa, untuk menjamin terwujudnya Good Government Governance. Namun berdasarkan penelitian terdahulu, usulan perencanaan untuk RPJMDes dan RKPDes yang melibatkan tokoh masyarakat seringkali hanya seremonial, karena masyarakat tidak mengetahui bagaimana metode pengelolaan keuangan desa. Atas dasar tersebut, peneliti mengambil Desa Aikmel Utara yang pada tahun 2016 Desa Aikmel Utara sudah  menjadi Desa Terbaik Se-NTB, dan Desa Prospektif Terbaik di Pulau Lombok, untuk mengetahui fenomena partisipasi masyarakat di desa ini. Berdasarkan penelusuran data, tahap partisipasi di Desa Aikmel Utara berada pada tingkat ketiga, yaitu pada tingkat “Partisipasi Simbolik” pada tahapan adanya pemberian informasi. Namun untuk mencapai tingkat tahap konsultasi (tingkat keempat), informasi yang diberikan melalui website banyak kurang terjangkau, karena anggaran pengembangan dan pemeliharaan web hosting yang minimal, ditambah faktor tingkat pendidikan dan usia tokoh masyarakat dan BPD yang berperan dalam musyawarah. Oleh karena itu, bukti fisik umumnya digunakan untuk memberikan usulan bagi pembangunan dan program berikutnya. Dalam hal transparansi, transparansi perencanaan dapat dikatakan sudah cukup baik. Proses perencanaan dan pelaksanaan sudah cukup melibatkan masyarakat, karena usulan-usulan dari masyarakat yang akan dipertimbangkan dan yang akan masuk dalam RKPDes.


Keywords


Partisipasi Masyarakat, Transparansi & Pengelolaan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Kementrian Dalam Negeri, 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Jakarta.

Kementrian Dalam Negeri, 2014, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Jakarta.

Mardiasmo, 2014, Akuntansi Sektor Publik, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sopanah, 2015, Dibalik Ceremonial Budgeting “Rembug Desa Tengger” Partisipasi Nyata Dalam Pembangunan, Proceeding Simposium Nasional Akuntansi XVIII, Medan.

Sopanah, 2012, Ceremonial Budgeting Dalam Perencanaan Penganggaran Daerah : Sebuah keindahan Yang Menipu, Jurnal Widyagama, Malang.

Tumbel, Satria Mentari, 2017, Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Dana Desa di Desa Tumaluntung Satu Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan, Jurnal Politico, Universitas Sam Ratulangi Manado, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/politico/article/view/16275, diunduh 5 September 2019.

Toyyib, Mohammad, Bambang Haryadi, Muhammad Asim Asy’ari, 2017, Perayaan Musrenbangdes Sebagai Ajang Ceremonial Tahunan, Proceeding Simposium Nasional Akuntansi XX, Jember.

Astuti, Baiq Rosyida Dwi, Wirawan Suhaedi, Intan Rakhmawati, 2018, Pengelolaan Keuangan Desa, Apakah Melibatkan Masyarakat dan Transparan?, Laporan Penelitian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, Mataram.

Akbar, Muh. Firyal, Srihandayani Suprapto, dan Surati, 2018, Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan di Desa Jatimulya Kabupaten Boalemo, Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018.

Cahyana, Septian. 2019. Model Transparansi Pengelolaan Keuangan di Desa Benderang Informasi Publik Studi Kasus di Desa Sapugara Bree Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram, Mataram

Symes, Benjamin, 1995, Marshall McLuhan's 'Global Village', http://geoffbarton.co.uk/files/student-resources/Communication/Technology/Marshall%20McLuhan%20In%20Detail.doc, diunduh tanggal 1 Februari 2019.

Rahman, Arif, 2016, Pendekatan Partisipatif Dalam pengembangan Komunitas, www.researchgate.net/publication/299980366, diunduh tanggal 1 Februari 2019.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i9.504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats