PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA SISWA KELAS I SD NEGERI 4 KURANJI

Climentia Srimulyanimarganingsih

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas belajar IPA siswa kelas I SD Negeri 4 Kuripan. PTK dilaksanakan mulai dari penyusunan proposal sampai dengan penyusunan laporan yaitu dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2017.  Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru yang melakukan penelitian, bagi siswa, dan bagi sekolah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen aktivitas siswa selama proses pembelajaran, sedangkan Teknik analisa data adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dikatakan berhasil apabila aktivitas belajar siswa telah mencapai nilai ≥ 80 % dengan kategori tinggi. Hasil analisis data yang diperoleh adalah skor rata-rata untuk aktivitas  belajar siswa pada siklus I adalah 3.29 (65.80%) meningkat menjadi 4,43 (88.57%) pada siklus II. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa setelah menggunakan penggunaan metode eksperimen aktivitas belajar IPA siswa kelas I SD Negeri 4 Kuripan mengalami peningkatan

Keywords


Metode eksperimen, Aktivitas belajar.

Full Text:

PDF

References


Abin, Syamsudin. 2005. Perencanaan Pendidikan Suatu Metode Komprehensif. Bandung: Rosda Karya.

Amirin, Tatang. 1995. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Aminuddin, 2004. Modul Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta : Cipta Karya

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Metode Praktis. Jakarta :Rineka Cipta.

Badudu, J.S. 1975. Sari Kesusastraan Indonesia. Jakarta : CV.Tiga Serangkai.

Depdiknas, 2004. Petunjuk Penyelenggaraan Pengajaran. Jakarta : Penerbit Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Hamzah, 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Jalaludin, Rahmat.1985. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Moleong, 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Nurkencana, 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Pidarta, Made. 1988. Perencanaan Pendidikan Partisipatori. Jakarta : Rineka Cipta

Slamet, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Sudjana, N. 1989. Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sumiati, 2006. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima

Suryabrata, 1985. Metodologi Penilitian Sosial. Bandung : Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i9.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats