EVALUASI PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI GURU KEJURUAN PADA LSP P2 PPPPTK SENI DAN BUDAYA (EVALUATION OF IMPLEMENTATION VOCATIONAL TEACHER COMPETENCE TEST ON LSP P2 PPPPTK SENI DAN BUDAYA)

Cahya Yuana

Abstract


Salah satu strategi peningkatan kompetensi guru kejuruan dengan melakukan uji kompetensi. Uji kompetensi dilakukan di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). LSP P2 PPPPTK Seni dan Budaya sejak tahun 2017 telah melakukan uji kompetensi kepada guru SMK Seni dan Budaya. Untuk menjamin kepatuhan  pelaksanaan uji kompetensi perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi ini menggunakan model CIPP yaitu Context, Input, Process, dan Product. Responden evaluasi adalah peserta pelatihan guru kejuruan di PPPPTK Seni dan Budaya tahun 2019, pengelola LSP P2 PPPPTK Seni dan Budaya, dan asesor. Hasil evaluasi Context memperlihatkan hasil yang baik, akan tetapi masih perlu perbaikan dari sisi  perumusan  visi dan misi. Hasil evaluasi input memperlihatkan LSP P2 telah melakukan persiapan dengan baik, hanya saja untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan uji kompetensi perlu review untuk skema uji kompetensi dan materi uji kompetensi. Hasil evaluasi process menunjukan masih kurang optimalnya kerja admin, terutama pada saat mengamati pelaksanaan uji kompetensi. Hasil evaluasi product menunjukan LSP P2 PPPPTk Seni dan Budaya sudah menyusun sertifikat uji kompetensi sesuai ketentuan dari BNSP. Secara keseluruhan dapat disimpulkan LSP P2 PPPPTK Seni dan Budaya telah melaksanakan uji kompetensi dengan baik, meski begitu ada beberapa hal yang perlu diperbaiki

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i3.591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats